Fokus News

RS Karantina Pasien Covid-19 di Samarinda Punya Kapasitas Sebanyak Ini

KLIKSAMARINDA – Pemerintah Kota Samarinda telah menyediakan Rumah Sakit Khusus Karantina Covid-19. Letaknya di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Pemprov Kaltim, di Jalan Anggur Samarinda Ulu. Tempat ini akan menjadi tempat khusus isolasi bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Gedung tersebut akan bisa digunakan antara Selasa atau Rabu. Kepala RS Karantina Covid-19 di Samarinda, Osa Rafshodia menyatakan kapasitas sampai saat ini bisa mencapai 40 tempat tidur.

Tetapi, menurut Osa, kapasitas RS Karantiina ini bisa ditingkatkan hingga 80 kamar.

Karena itu, Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 di Samarinda akan menerapkan sejumlah kriteria bagi pasien yang akan ditempatkan di RS Karantina. Antara lain, melalui hasil tes.

“Ada beberapa kriteria nanti yang menentukan pasien dilihat hasil dari tes. Dalam rumah sakit ini juga melakukan perawatan terhadap ODP dan PDP semua dengan gejala ringan. Jadi tim medis kami juga dibekali protokol penanganan Covid-19 dan terus berkoordinasi langsung dengan tim ahli dan dokter penanggung jawab di Rumah Sakit AW Syahrani,” terangnya.

Sedangkan di RS Karantina ini sebutnya bisa dilakukan pemeriksaan laboratorium sederhana mulai cek darah lengkap hematon analizer juga bisa di sini.

“Tes Rapid, yang betul-betul tidak bisa dilakukan di sini. Tetapi kalau tidak mampu, maka akan ditangani di RS AW Sjahranie,” ujar Osa. (*)