Clicky

Si Ratu Batubara Kaltim Tan Paulin Diributkan dalam Rapat DPR RI, Kok Bisa?

KLIKSAMARINDA – Nama Tan Paulin disebut dalam Rapat Komisi IV DPR RI yang disiarkan langsung di kanal Youtube DPR RI, Kamis 13 Januari 2022. Penyebutan Tan Paulin itu disertai julukannya sebagai Ratu Batubara di Kaltim.

Nama itu juga membuat rapat berlangsung tegang. Ketegangan terjadi antara anggota Komisi IV DPR RI, Muhammad Nasir, dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif.

Rapat di DPR RI itu diketahui tengah membahas persoalan batubara. Rapat dilakukan antara Komisi VII DPR RI dengan jajaran Kementerian ESDM yang dipimpin Arifin Tasrif.

Awalnya, Muhammad Nasir yang menyebut nama Tan Paulin sebagai pengusaha batubara di Kaltim. Usaha batubara Tan Paulin, menurut Muhammad Nasir ini diduga membuat kerusakan infrastruktur di Kaltim.

Kerusakan itu, imbuh Muhammad Nasir, tak sebanding dengan besarnya batubara yang dibisniskan Tan Paulin.

Kata Muhammad Nasir, ‘Ratu Batubara’ Tan Paulin menjual hasil tambang emas hitam itu ke luar negeri. Namun, penjualan itu tak berdampak positif terhadap pembangunan di Kaltim.

Justru bisnis batubara Tan Paulin berdampak rusaknya infrastruktur di Kaltim.

Muhammad Nasir sebutkan bahwa informasi itu dia dapatkan saat dia lakukan kunjungan kerja ke Kaltim beberapa waktu lalu.

“Ini batu curian tapi bisa dijual ke luar negeri, kan kacau nih. Semua tahu pemain batu bara dan tambangnya diambil mereka semua. Waktu kita kunjungan Kalimantan Timur ini yang dibicarakan pak. Gara-gara dia infrastruktur yang dibangun Pemda rusak semua,” ujar Muhammad Nasir.

Muhammad Nasir juga mempertanyakan dengan kondisi itu ternyata pemerintah membiarkan Tan Paulin bebas bergerak menjalankan bisnisnya.

Karena itu, Muhammad Nasir meminta kepada pemerintah agar menangkap “Ratu Batubara” Tan Paulin itu.

“Batu kita hilang terus, dan sampai ada disebut-sebut ratu batu bara, tapi nggak ditangkap-tangkap ini orang. Ada namanya siapa tadi, ini produksinya 1 juta 1 bulan, siapa orang ini, tapi nggak ada laporan ESDM ke kita, Tan Paulin namanya. Saya bilang tangkap orang ini, siapa yang melindungi orang ini?” katanya dalam rapat dengan Menteri ESDM, Kamis (13/1/2022).

Usai mendengar paparan dari Muhammad Nasir, Menteri ESDM Arifin Tasrif menyatakan dirinya mengetahuia tentang “Ratu Batubara” Tan Paulin.

Mantan Direktur Utama Pupuk Indonesia ini sampaikan jika dirinya sudah tahu tentang nama Tan Paulin.

Tapi Arifin Tasrif meminta agar jajaran DPR RI gunakan bahasa yang benar ketika rapat.

“Iya tahu, saya tahu itu. Tapi yang lain-lain itu harap pakailah bahasa yang benar,” ujar Arifin Tasrif.

Muhammad Nasir lalu menegaskan pihaknya meminta data dari Kementerian ESDM soal tata kelola batubara.

Suasana rapat sempat tegang beberapa saat. Namun Pimpinan rapat, yaitu Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto menengahi perdebatan yang terjadi.

“Message-nya sudah sampai. Serahkan apa yang disampaikan tadi. Hal-hal lain saya kira yang memang tidak pada proporsinya. Mohon maaf, tadi sudah dikemukakan tentang penyimpangan-penyimpangan di lapangan. Memang harus segera ditindaklanjuti. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com