Clicky

Sekdaprov Kaltim Minta OPD Segera Siapkan Ruangan Pengaduan

KLIKSAMARINDA – Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pengaduan masyarakat, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Muhammad Sa’bani menegaskan agar setiap organisasi perangkat daerah atau OPD menyiapkan ruangan pelayanan khusus pengaduan.

Menurut Muhammad Sa’bani, ruangan khusus pelayanan pengaduan ini dibutuhkan agar masyarakat bisa leluasa menyampaikan pengaduan. Arahan Sekdaprov Kaltim ini memiliki tenggat satu pekan untuk ilaksanakan oleh setiap OPD di lingkup Pemprov Kaltim.

“Kita meminta OPD segera menyiapkan ruangan khusus untuk pelayanan pengaduan,” ujar Muhammad Sa’bani melalui keterangan tertulis usai memimpin rapat koordinasi tindak lanjut pemenuhan data produk layanan, di Ruang Tepian 1 Kantor Gubernur Kaltim, Selasa 27 April 2021.

Sebelumnya, Sekdaprov Kaltim telah menerima surat Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kaltim, terkait pengaduan pelayanan di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemprov Kaltim. Dalam surat tersebut termaktub sejumlah OPD yang belum menyiapkan tempat pengaduan, sistem, maupun belum ada dasar hukum dalam pelayanan.

“Dari hasil rapat koordinasi dengan kepala dinas dan badan di lingkup Pemprov Kaltim, dari keterangan yang disampaikan sudah ada dan dilakukan pelayanan, hanya tidak dilaporkan secara lengkap, sehingga hasil temuan ombudsman masih banyak OPD yang tidak menyiapkan,” ujar Muhammad Sa’bani.

Muhammad Sa’bani menyatakan, hasil temuan Ombudsman tersebut telah dikoordinasikan kepada OPD maupun UPTD untuk segera menindaklanjuti.

“Semuanya segera menyiapkan laporan. Ditargetkan Senin depan sudah mengumpulkan laporannya ke Biro Organisasi,” ujar Muhammad Sa’bani.

Rakor dihadiri Kepala Biro Organisasi Iwan Setiawan, Staf ahli Gubernur bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah Muhammad Kurniawan, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah H Elto, Kadis Kehutanan Amrullah, Kadis KP3A Noryani Sorayalita, serta perwakilan OPD dan UPTD dilingkup Pemprov Kaltim. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status