Clicky

Sekdakot Samarinda Minta Serapan APBD 2020 Dipercepat

KLIKSAMARINDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), segera melakukan rencana aksi percepatan serapan APBD 2020. Pasalnya, terhitung per 15 Desember 2020 anggaran belanja yang baru terserap sekitar 70 persen, sedangkan anggaran pendapatan mencapai 98 persen.

Di sela mendengarkan arahan evaluasi penyerapan anggaran APBD 2020 bersama Kementerian Dalam Negeri via video conference, Senin sore, 15 Desember 2020, Sekretaris Daerah Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin mengatakan, masih ada beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang penyerapan anggarannya masih di bawah 80 persen.

Karena itu, Sugeng Chairuddin meminta kepada OPD terkait agar memaksimalkan penyerapannya di sisa waktu 10 hari kerja ke depan hingga 21 Desember 2020 mendatang.

“Saat ini, Tim Anggaran Pemerintah Daerah juga terus memantau perkembangan setiap harinya penyerapan anggaran di masing-masing OPD. Bahkan, BPKAD juga sepakat untuk bekerja di hari Sabtu hingga tengah malam untuk menerima berkas pekerjaan pihak ketiga agar bisa segera dilakukan pencairan saat Senin harinya,” ujar Sugeng Chairuddin, melalui rilis.

Sugeng Chairuddin menekankan, banyak faktor penyebab serapan anggaran belum maksimal sebut saja karena kondisi Covid-19. Akibatnya, ada perubahan mekanisme dalam tata kerja.

Karena itu, Sugeng Chairuddin meminta agar semua OPD dalam waktu 10 hari tadi bisa membuat target berapa besar serapan anggaran yang bisa dicapai hingga 21 Desember.

“Sedangkan untuk tim, harapan saya agar fokus pada OPD yang capaiannya masih di bawah 80 persen dan membuat analisa rencana penyerapan sampai Desember,” ujar Sugeng Chairuddin. (*)

DMCA.com Protection Status