Clicky

Samarinda Siap Jalankan Vaksinasi Covid Massal

KLIKSAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun memastikan pihaknya siap melaksanakan vaksinasi Covid-19 secara massal. Rencananya, vakinai maal itu akan berlangung Senin pekan depan, 14 Juni 2021.

“Untuk pelaksanaannya nanti itu Senin depan di GOR Segiri. Sedangkan besoknya, ya di masing-masing kecamatan,” ujar Wali Kota Andi Harun dalam Rapat Koordinasi di Aula Wira Pratama Lantai II Mako Polresta Samarinda, Senin 7 Juni 2021 bersama jajaran Polresta Samarinda, TNI, Satpol PP serta Camat seluruh Samarinda.

Walikota Andi Harun mengatakan untuk rencana vaksinasi massal tersebut ia mengaku pihaknya telah siap. Kesiapan vaksinasi massal ini antara lain, untuk vaksin ada 20 ribuan dan yang siap didistribusikan ada 17 ribu.

“Kami sangat siap, untuk vaksin ada 20 ribuan dan yang kami siap distribusikan ada 17 ribu. Untuk vaksinator kami juga sudah siap yang melakukan vaksinasi secara massal,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Menurut Wali Kota Andi Harun, dalam sehari vaksinasi bisa mencapai 1.500-2.500 orang. Tetapi, pihaknya melihat lagi ketersediaan dan fasilitas tempat vaksinasi.

“Jangan sampai nantinya malah menimbulkan kerumunan. Itu hari pertama,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Untuk pelaksanaan vaksinasi hari kedua akan dilaksanakan di seluruh kecamatan di Samarinda secara massal.

“Misalnya 10 kecamatan, untuk satu kecamatan itu ada 1.000 yang di vaksin. Kalau memang bisa lebih dari 1.000 misalnya 1.500 kami tingkatkan kapasitasnya karena untuk vaksin kami siap,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Secara teknis, nantinya Kabag Ops Polresta Samarinda dan Dinkes Samarinda yang mengatur agar kegiatan bisa sesuai dengan jumlah vaksin, vaksinator, maupun hal pendukung lainnya.

Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Arif Budiman menyatakan, untuk vaksinasi tahapan pertama, Polresta Samarinda dan jajaran polsek yang ada saat ini sekitar 200-300 orang.

“Jadi, nantinya pelaksanaannya dari pihak vaksinator yang datang, karena tidak mungkin tahanan dikeluarkan. Kami akan menyiapkan tempatnya. Kalau yang di polsek pelaksanaannya di polsek,” ujar Kombes Pol Arif Budiman.

Kombes Pol Arif Budiman menambahkan, pihaknya juga akan melakukan pengamanan ketika vaksinasi massal. Polreta Samarinda akan menurunkan personil sesuai kebutuhan.

“Kami akan turunkan sebanyak-banyaknya di tempat vaksin massal akan ada anggota. Paling tidak satu tempat 10 anggota. Itu kami juga dibantu TNI dan Satpol PP,” ujar Kombes Pol Arif Budiman. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status