Clicky

Mau Tahu Alasan Pariwisata Kaltim Masuk dalam Prioritas Pembangunan?

KLIKSAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim telah memasukkan sektor pariwisata ke dalam prioritas pembangunan daerah.

Dalam sesi kedua diskusi panel dalam rangka Rakornis Bidang Pariwisata se-Kalimantan Timur Tahun 2021, 3 Juni 2021 lalu di Kutai Timur, Kepala Bappeda Kaltim, HM Aswin menegaskan hal tersebut dan memberikan alasannya.

“Pariwisata adalah salah satu alternatif menggantikan migas dan batubara. Oleh karena itu perlu kita persiapkan sedemikian rupa. Karenanya, pada tahun ini ketika melakukan revisi, pariwisata masuk dalam prioritas pembangunan daerah,” ujar HM. Aswin saat menjadi pemateri pertama melalui aplikasi Zoom.

Dalam rapat yang berlangsung sekitar pukul 14.00 WITA, pemateri lain yang menyampaikan gagasannya adalah Sri Wartini dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Prov. Kaltim.

“Untuk mewujudkan kemandirian masyarakat desa diperlukan komitmen dan kerjasama antar pihak. Baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, maupun Pemerintahan Desa,” ujar Sri Wartini.

Narasumber menyampaikan materi berkaitan dengan tema Rakornis Bidang Pariwisata ini sendiri, yaitu Pengembangan Desa Wisata di Masa Pandemi untuk Kaltim Berdaulat.

Kepala Dishub Prov. Kaltim, Arih Frananta Filifus Sembiring, dalam paparannya sebagai pemateri keempat menyampaikan komitmen untuk turut mendukung pengembangan pariwisata di Kaltim.

“Data Dishub ada 63 Desa Wisata di Kaltim. Mana yang bisa kita jual? Mana yang prioritas? Dishub Provinsi siap membantu. Yang terpenting, jelas proposalnya maka akan kita dorong,” ujar Arih Frananta Filifus Sembiring. (*

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com