NewsPemkab Kutai Kartanegara

Revitalisasi Pasar Tangga Arung, Langkah Maju Pemkab Kukar

KLIKSAMARINDA – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) mengambil langkah maju dengan memulai proyek revitalisasi Pasar Tangga Arung Tenggarong.

Dengan anggaran sekitar Rp250 miliar, proyek revitalisasi Pasar Tangga Arung Tenggarong diharapkan dapat menyelesaikan pembangunan pada akhir 2024 dan memulai operasi pasar pada awal 2025.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Kabupaten Kukar, Wiyono, menyampaikan bahwa proyek revitalisasi Pasar Tangga Arung Tenggarong akan menciptakan peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi dan pelestarian budaya di Kota Tenggarong.

Pasar Tangga Arung Tenggarong, yang terletak di dekat Istana Kerajaan Kutai Kartanegara, merupakan salah satu pasar tradisional yang memiliki nilai historis dan kultural yang tinggi.

Pasar Tangga Arung Tenggarong, kata Wiyono, telah menjadi saksi bisu perkembangan Kota Tenggarong.

Kini pasar tersebut diharapkan dapat kembali menjadi pusat aktivitas perdagangan dan kebudayaan setelah revitalisasi.

Menurut dia, revitalisasi pasar ini tidak hanya akan memperbaiki infrastruktur yang ada, tetapi juga akan menambahkan fasilitas-fasilitas modern yang mendukung kegiatan perdagangan.

Rencana pembangunan Ruang Terbuka Hijau di Gedung A diharapkan dapat memberikan ruang lebih bagi masyarakat untuk berkumpul dan bersantai. Sementara lokasi parkir yang luas akan memudahkan akses ke pasar.

Dengan proyek revitalisasi Pasar Tangga Arung Tenggarong, Pemkab Kukar berharap dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus menjaga nilai-nilai historis dan kultural yang terkandung dalam Pasar Tangga Arung.

Proyek revitalisasi Pasar Tangga Arung Tenggarong ini juga diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan ke Tenggarong. Pada gilirannya, pembangunan ini akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.

“Kita berkomitmen terhadap pelestarian budaya. melalui proyek revitalisasi Pasar Tangga Arung ini, kita berharap dukungan masyarakat agar pembangunan berjalan lancar,” pungkas Wiyono. (Adv/DiskominfoKukar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status