Clicky

Pesona Surga Tersembunyi Air Terjun Perjiwa Kukar

KLIKSAMARINDA – Siapa sangka di tengah hutan tropis Desa Perjiwa, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur menyuguhkan pesona air terjun. Di sana pula, ada danau hijau yang menjadi destinasi tujuan wisata alam di Tenggarong Kukar.

Wisata air terjun dan danau hijau Perjiwa Kukar ini merupakan kombinasi wisata alam air terjun dan perbukitan. Lokasinya yang berada di tengah hutan tropis ini menghasilkan kesejukan udara alam dan aliran air jernih yang menciptakan danau mini.

Ya, warga sekitar mengenalnya dengan air terjun Perjiwa. Air terjun dan danau hijau Perjiwa bisa ditempuh dengan jarak 5 kilometer dari Tenggarong. Danau yang berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 80 meter dengan kedalaman sekitar 3 meter dengan dasar kolam berisikan batu dan pasir yang masih sangat terlihat jelas.

Peta perjalanan menuju Air Terun Perjiwa Kukar dari Samarinda

Lokasinya tidak jauh dari Museum Mulawarman Tenggarong. Jika ditempuh dari Kota Samarinda, Ibu Kota Kaltim, jarak tempuhnya sekitar 30 kilometer.

Memasuki kawasan Perjiwa ini, pengunjung dikenai tarif Rp5 ribu per orang. Pengunjung juga bisa memilih untuk menginap di sekitar area air terjun asal membawa perlengkapan sendiri.

Menuju air terjun Perjiwa memang menantang jiwa petualang. Medan yang cukup sulit disertai rimbunan pepohonan mewarnai perjalanan menuju air terjun ini. Jalan berbatu serta tanjakan dan tikungan menambah tantangan petualangan menuju air terjun Perjiwa.

Seorang pengunjung air terjun Perjiwa, Daniel menyatakan, wisata alam yang berada di tengah hutan Perjiwa Kukar memberikan daya tarik tersendiri. Menurut warga Samarinda ini, pemandangan alami serta susunan batu aquascapes di sekitar air terjun Perjiwa ini memanjakan mata. Ditambah air jernih yang menyegarkan tubuh jika berenang.

”Airnya bersih dan sangat jernih. Tapi banyak yang corat coret di batu-batu,” ujar Daniel, Minggu 21 Maret 2021.

Coretan pada batu di air terun Perjiwa

Pengunjung lainnya, Anissa yang juga dari Samarinda mengaku, dirinya sangat senang menikmati keindahan di air terjun Perjiwa. Selain jaraknya dekat dari Samarinda, tempatnya cukup menyenangkan.

”Danau air hijau yang berada di muara air terjun. Danau hijau yang dipenuhi lumut berwarna hijau. Suasana sejuk dan tumbuh tumbuhan yang ada di sekitar kolam membuat tempat ini semakin terasa keasrian dan keindahan alamnya. Cuma sayangnya, selain sampah, itu banyak sekali coretan sehingga tidak alami lagi,” ujar Anissa.

Para pengunjung ini berharap agar air terjun Perjiwa Tenggarong Kukar ini bisa dikelola secara profesional dan mempromosikannya secara lebih luas. (Jie)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status