Perumda Air Minum Berau Masuk Lima Besar Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

KLIKSAMARINDA – Perumda Air Minum Batiwakkal Berau masuk lima besar penilaian monef Keterbukaan Informasi Publik ((KIP) yang dilakukan oleh Komisi Informasi publik.

Dipimpin oleh Ketua Komisi Informasi Kaltim Ramaon D Saragih, Perumda Air Minum Berau dikunjungi tim visitasi Komisi Informasi Kaltim guna memverifikasi data dan menguji fakta dokumen dimilikinya sesuai dengan isian quisioner dan website resmi Perumda Air Minum Berau.

Saiful Rahman Direktur Umum Perumda Air Minum Berau mengatakan, keterbukaan informasi publik telah dilaksanakan sejak lama.

“PDAM ini melayani orang banyak, jadi informasinya harus terbuka. Jika tidak, maka masyarakat bisa salah paham dan berdampak buruk bagi perusahaan. Dalam mengelola informasi publik, Perumda Air Minum Berau telah memanfaatkan berbagai platform media sosial, seperti, facebook dan instagram, sehingga informasi tersebut bisa diakses secara cepat oleh pelanggan,” kata Saiful melalui telpon selulernya Kamis (1/12/2022).

“Kami yang pertama berterimakasih kepada komisi informasi yang sudah memberikan sosialisasi kepada kami beberapa bulan sebelumnya, dan alhamdulillah setelah itu kami laksanakan hasil sosialisasi itu kita isi data yang di minta kita siapkan sesuai yang di sampaikan dan kini kami telah melaksanakan perintah undang undang,” ujar Saiful.

Saat ini kami telah laksanakan tentang keterbukaan informasi publik UU No 18 Tahun 2008 kemudian juga ada UU No 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik jadi saat ini PDAM sebagai Perumda harus siap untuk melaksanakan keterbukaan informasi publik sebagai wujud akutabilitas sebagai badan publik.

Selain itu sebagai perusahaan publik PDAM Berau merasa perlu untuk memberikan pelayanan publik untuk keterbukaan informasi karena ini memang merupakan kebutuhan bukan paksaan.

“Secara operasional kami sangat membutuhkan untuk memberikan data dan informasi yang secara terbuka transparan kepada stekholder karena sebagai badan publik kita tidak bisa bekerja sendiri. kita perlu dukungan dari berbagai pihak dukungan dari pelanggan,pemerintah,pihak swasta ataupun pihak yang bisa memberikan dukungan,” ujar Saiful.

Selain itu untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan PDAM Berau juga telah melakukan beberapa inovasi dan telah disampaikan.

“Salah satunya adalah membuat grub Whatshap pelanggan berbasis RT jadi RT kita undang semua pelanggan sehingga ketika ada masalah pelanggan tinggal menyampaikan kepada RT dan RT akan menyampaikan kepada kami sehingga bisa fokus,” sebut Saiful.

Saat ini lanjutnya kami senang bisa berpartisipasi karena bagi Perumda keterbukaan informasi ini sangat penting untuk menambah kepercayaan publik.

“Kita bisa berpasitipasi itu bagus banget karena ini kebutuhan bagi perumda tapi kalau ada penghaargaan itu bonusnya , secara internal menjadi motivasi bagi karywan kami agar menjadi lebih baik dalam melayani masyarakat,” tukas Saiful. (Sur/Adv/KominfoKaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status