Clicky

Pemuda Kaltim Belajar Urus Jenazah

Foto: Dispora Kaltim

KLIKSAMARINDA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) melaksanakan pelatihan pengurusan jenazah. Untuk tahun ini pelatihan terbagi dalam tiga kelas untuk membatasi peserta sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Plt. Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma membuka pelatihan pengurusan jenazah di Aula Dispora Kaltim, Senin 26 Oktober 2020. Jumlah peserta kelas pertama ini sebanyak 10 orang putra dan 10 orang putri.

“Pemprov Kaltim mengucapkan terima kasih kepada para instruktur dan narasumber yang telah menyempatkan waktunya pada kegiatan pelatihan pengurusan jenazah ini dan semua diikuti para pemuda di Kaltim,” ujar Agus Hari Kesuma.

Melalui pelatihan ini diharapkan peserta menyerap dan mengaktualisasikan ilmu yang didapat serta mampu memberikan konstribusi positif dalam menjalankan nilai–nilai agama dengan tetap berpegang kepada adat istiadat dan budaya.

“Ikutilah pelatihan ini dengan serius, semoga ilmu fardhu kifayah ini semakin banyak yang mengetahui dan memberikan manfaat untuk kemaslahatan umat,” ujar Agus Hari Kesuma.

Dalam Islam, hukum mengurus jenazah adalah fardhu kifayah. Di antara umat Islam diwajibkan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan cara memandikan, mengkafani, mensholatkan dan menguburkan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Masalah tata cara penyelenggaraan jenazah ini, memang cukup sulit ditemui di tengah-tengah masyarakat terutama bagi generasi muda. Saat ini, hanya beberapa kalangan generasi muda saja yang peduli terhadap bidang penyelenggaraan jenazah.

Akibatnya, untuk melaksanakan fardu kifayah, biasanya didominiasi para orang tua. Padahal, penyelenggaraan jenazah tidak akan pernah berhenti selama umat Islam masih ada.

Kelas selanjutnya akan dilaksanakan pada minggu pertama dan minggu kedua November dengan narasumber pelatihan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status