NewsPemkot Samarinda

Pemkot Samarinda Lakukan Operasi Pasar Atasi Lonjakan Harga Beras Jelang Ramadan

KLIKSAMARINDA – Harga beras di Kota Samarinda kembali melonjak tinggi menjelang datangnya Bulan Ramadan. Kenaikan harga beras mencapai Rp16.000 per kilogram, jauh melampaui kenaikan normal menjelang puasa.

Kenaikan signifikan ini menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat Samarinda. Lonjakan harga pangan pokok ini dapat memicu inflasi dan memperberat beban ekonomi warga.

Menanggapi kondisi ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda segera merespons dengan menggelar Operasi Pasar. Operasi dilakukan di Halaman Parkir Pasar Segiri pada Rabu 28 Februari 2024 pukul 08.00 Wita.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Samarinda, Marnabas, mengatakan pihaknya telah menyiapkan 10 ton beras premium dengan harga khusus Rp10.250 per kg. Beras tersebut berasal dari stok Bulog Samarinda.

“Beras premium dijual dengan harga Rp10.250 per kg dalam kemasan 5 kg senilai Rp51.250. Kami berharap operasi pasar ini bisa meredam kenaikan harga secara bertahap,” ujar Marnabas, dihubungi Selasa, 27 Februari 2024.

Marnabas menjelaskan, masyarakat dapat membeli beras dengan harga khusus tersebut tanpa syarat apapun. Setiap orang diperbolehkan membeli maksimal 2 kupon atau setara 10 kg beras premium.

Dengan adanya operasi pasar ini, Pemkot Samarinda berupaya menekan laju inflasi dan meringankan beban masyarakat menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Harga beras yang terjangkau tentu dapat membantu perekonomian warga.

Inisiatif Pemerintah Kota Samarinda ini juga bertujuan untuk menekan angka inflasi dan memberikan bantuan kepada masyarakat menjelang Bulan Ramadan. Dengan menyediakan beras premium dengan harga terjangkau, diharapkan beban ekonomi masyarakat dapat diperinci. (Pia/Adv/PemkotSamarinda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status