NewsPemkab Kutai Kartanegara

Pemkab Kukar Salurkan Bantuan Alat Mesin Pertanian di Desa Bukit Raya

KLIKSAMARINDA – Pada Sabtu, 2 Desember 2023 lalu, Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, menyalurkan bantuan alat mesin pertanian atau alsintan kepada sejumlah kelompok tani di Desa Bukit Raya, Kecamatan Tenggarong Seberang. Bantuan tersebut mencakup berbagai jenis alsintan, termasuk excavator mini.

Bantuan Kilat untuk Peningkatan Pertanian

Bantuan alsintan di Desa Bukit Raya Kukar ini berdasarkan proposal pengajuan bantuan baru diserahkan ke Pemkab Kukar sekitar 4 bulan lalu. Kepedulian dan respons cepat dari Wakil Bupati Rendi Solihin menggambarkan komitmen pemerintah daerah untuk mendukung sektor pertanian secara nyata.

Kecepatan pelaksanaan menunjukkan fokus dan efisiensi dalam mendukung kebutuhan petani di wilayah tersebut.

“Usulan bantuan ini baru diajukan sekitar 4 bulan lalu, dan syukur Alhamdulillah bisa direalisasikan hari ini,” ujar Wabup Rendi Solihin.

Silaturahmi: Lebih dari Sekadar Bantuan

Wakil Bupati Rendi Solihin tidak hanya datang untuk menyalurkan bantuan semata, melainkan juga untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat Desa Bukit Raya. Ini menciptakan hubungan yang lebih kuat antara pemerintah daerah dan masyarakat, membuka pintu untuk komunikasi yang lebih baik.

Dengan demikian, kunjungan ini tidak hanya sekadar acara formal, tetapi juga kesempatan bagi petani dan masyarakat setempat untuk menyampaikan aspirasi dan masukan mereka.

“Kembali bisa silaturahmi, bisa bertemu masyarakat di sini. Tentu ada sejumlah masukan-masukan yang akan kami tindaklanjuti nantinya.”

Komitmen Jangka Panjang: Alsintan di 2024

Wakil Bupati menegaskan bahwa bantuan Alsintan bukan hanya sekali-kali. Sebaliknya, ini adalah langkah yang akan terus berkelanjutan, dengan komitmen untuk melanjutkannya pada tahun 2024. “Ini akan terus berkelanjutan, kami berkomitmen untuk menuntaskan janji-janji kami, dan menyelesaikan RPJMD Kukar Idaman 2021-2026,” tegas Rendi Solihin.

Sukses Terukur: Cerita Mukidi

Salah satu petani Desa Bukit Raya, Mukidi (54), memberikan kesaksian nyata tentang dampak positif program Pemkab Kukar. Sebelumnya, Mukidi sering menerima bantuan pupuk dari pemerintah. Dengan penambahan Alsintan, bantuan tersebut semakin komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan petani modern.

Dengan tegas, Mukidi melihat bahwa bantuan tersebut bukan hanya sebagai bantuan, tetapi juga investasi dalam peningkatan perekonomian masyarakat yang menggantungkan hidup dari hasil pertanian.

“Pemkab Kukar sudah banyak membantu kami, baik pupuk, alsinta dan kebutuhan lainnya,” ungkap Mukidi.

Kontribusi Terhadap Perekonomian Masyarakat

Mukidi menilai bahwa berbagai bantuan yang diterima berimbas positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Dalam konteks ini, Alsintan bukan hanya membantu dalam proses pertanian tetapi juga menjadi katalisator dalam meningkatkan hasil produksi dan efisiensi.

“Terima kasih kepada Pak Bupati dan Pak Wakil, ini sangat bermanfaat bagi kami dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucap Mukidi dengan tulus.

Komitmen dan Dampak Positif

Dalam mengejar visi RPJMD Kukar Idaman 2021-2026, Wakil Bupati Rendi Solihin telah memberikan bukti nyata komitmen pemerintah daerah terhadap kesejahteraan petani. Kecepatan dalam merealisasikan bantuan, komitmen jangka panjang, dan dampak positif yang terukur melalui kesaksian petani seperti Mukidi, menjadikan langkah ini sebagai contoh baik dalam mendukung sektor pertanian.

Dengan bantuan Alsintan yang terus berlanjut, diharapkan Desa Bukit Raya dan sekitarnya akan mengalami perkembangan signifikan dalam sektor pertanian. Keberhasilan ini menjadi kisah inspiratif yang dapat memberikan motivasi dan semangat bagi daerah-daerah lain untuk mengimplementasikan langkah serupa. (*)

Back to top button
DMCA.com Protection Status