Pelajar Samarinda dan Bontang Wakili Kaltim Paskibraka Tingkat Nasional 2022

KLIKSAMARINDAProvinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah menetapkan dua pelajar untuk menjadi anggota pasukan pengibar bendera pusaka atau Paskibraka Tingkat Nasional. Dua pelajar tersebut adalah Muhammad Remyza Baihaqi dan Flugentia Marianne.

Muhammad Remyza Baihaqi merupakan putra asal Samarinda yang menjadi siswa di SMA Negeri 2 Samarinda. Muhammad Remyza Baihaqi terpilih sebagai Paskibraka Tingkat Nasional Tahun 2022. Muhammad Remyza Baihaqy terpilih ke tingkat nasional dengan nilai tertinggi.

Sementara Flugentia Marianne merupakan pelajar SMA Vidya Dahana Patra (Vidatra) Bontang. Flugentia Marianne terpilih sebagai yang terbaik di sektor putri.

Pemilihan Paskibraka Tingkat Nasional 2022 yang di selenggarakan oleh Dispora Prov. Kaltim berlangsung selama 4 hari. Penutupan seleksi dilakukan Rabu 25 Mei 2022.

Sebelumnya, 42 pelajar yang berasal dari 10 Kabupaten dan Kota di Kaltim bersaing dalam seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional tahun 2022.

Para pelajar ini adalah peserta pilihan hasil seleksi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim di tiap-tiap Kabupaten dan Kota. Total pelajar yang mengikuti seleksi sebanyak 1174 orang.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Kaltim, Agus Tianur, perwakilan Bontang dan Samarinda menjadi yang terbaik dan berhak mewakili Kalimantan Timur sebagai Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional yang akan bertugas di Istana Negara di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Dasar penilaian adalah Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga (Permenpora) Nomor 14 Tahun 2017, yang metupakan Perubahan atas Permenpora Nomor 65 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

“Penentuan keduanya berdasarkan penilaian yang didasarkan pada Samapta atau Jasmani, Kesehatan, Psikologi, PBB dan Parade, Keterampilan dan Bakat serta Tes Tertulis Pancasila serta wawancara,” ujar Agus Tianur.

Peserta yang terpilih akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 18 Juli sampai dengan 26 Agustus 2022 di Taman Rekreasi Wiladatika, Jalan Jambore Nomor 1 Depok Jawa Barat.

Samarinda sendiri mengirimkan perwakilan 8 orang masing-masing untuk pelajar putri 5 orang dan pelajar putra 3 orang.

Plt. Kadisporapar Samarinda H. Muslimin, SE, M.Si didampingi Kabid SDM dan Pejabat Fungsional menghadiri penutupan Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Nasional Provinsi Kalimantan Timur tahun 2022 di Aula Dispora Provinsi Kalimantan Timur. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status