Clicky

Operasi SAR Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Banjir Kutim

KLIKSAMARINDA – Banjir melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, dalam beberapa hari terakhir. Luasan wilayah banjir meliputi 18 desa yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Sejumlah upaya pun dilakukan untuk memberikan bantuan kepada warga terdampak. Antara lain dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan yang tengah melaksanakan Operasi SAR di Kutai Timur (Kutim), aparat kepolisian dan TNI serta unsur Pos SAR, Tagana, Rapi Lokal Kecamatan, BPBD, dan warga sekitar.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas A Balikpapan Melkianus Kotta melalui Kasi Ops dan Siaga Octavianto, dalam keterangan tertulis menyatakan, dari laporan KPP Balikpapan per Minggu 23 Mei 2021, terdapat 1.987 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir di sejumlah wilayah Kutim.

“Mohon izin melaporkan bencana banjir di Kutai Timur, Kaltim. Wilayah terdampak banjir besar disebutkan berada di sejumlah kecamatan, di antaranya Kecamatan Muara Bengkal, Batu Ampar, Muara Ancalong, Long Masengat, Telen, dan Muara Wahau, serta Kecamatan Kombeng,” ujar Octavianto, Minggu sore.

Ribuan warga yang terdampak banjir berada di 18 Desa di Kecamatan-Kecamatan tersebut, masing-masing berada di :
1. Desa Sumber Sari (33 Kepala Keluarga)
2. Desa Mukti Utama (5 Kepala Keluarga)
3. Desan Melan (100 Kepala Keluarga)
4. Desa Teluk Baru (54 Kepala Keluarga)
5. Desa Gemar Baru (49 Kepala Keluarga)
6. Desa Miau Baru (20 Kepala Keluarga)
7. Desa Muara Wahau ( 557 Kepala Keluarga)
8. Desa Nehes Liah Bing (257 Kepala Keluarga)
9. Desa Jak Luay (85 Kepala Keluarga)
10. Desa Dabeq (77 Kepala Keluarga)
11. Desa Persiapan Jabdan ( 228 Kepala keluarga)
12. Desa Benua Baru ( 115 Kepala Keluarga)
13. Desa Muara Bengkal Ilir ( 90 Kepala keluarga)
14. Desa Muara Bengkal Ulu ( 32 Kepala keluarga)
15. Desa Batu Balai (43 Kepala Keluarga)
16. Desa Persiapan Parianum (17 Kepala Keluarga)
17. Desa Batu Timbau (100 Kepala Keluarga)
18. Desa Batu Timbau Ulu (125 Kepala keluarga)

Octavianto juga menyampaikan, warga telah meminta bantuan kepada Wakil Bupati Kutai Timur untuk melaksanakan evakuasi korban banjir di berapa titik yang berdampak banjir. Dinas Sosial Kabupaten Kutim juga menyampaikan permohonan bantuan karena akan menyalurkan logistik sehingga meminta bantuan ke Tim Rescue Pos SAR Kutai Timur.

Menurut Octavianto, dalam operasi SAR hingga Minggu sore, pihaknya belum laporan korban jiwa dalam musibah tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status