Clicky

Mengapa Dinsos Kaltim Telusuri Jejak Sultan Aji Muhammad Idris?

KLIKSAMARINDA – Jajaran Dinas Sosial Kalimantan Timur melakukan lawatan ke Museum Sadurengas, Kabupaten Paser, Rabu 24 Februari 2021. Kunjungan yang dipimpin langsung Kepala Dinsos Kaltim, Agus Hari Kesuma.

Mengutip dari Wikipedia, Museum Sadurengas merupakan museum di jalan Keraton Paser Belengkong, Kecamatan Paser Belengkong, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur.

Museum ini menempati bangunan bekas rumah salah satu Sultan Paser, yaitu Aji Tenggara pada tahun 1844-1873 dengan lahan sekitar 1 ha. Pada awal abad 19, bangunan ini juga menjadi Istana Kesultanan oleh Sultan Ibrahim Khaliludin.

Sebelumnya, rombongan Dinas Sosial Kaltim melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Paser. Kedatangan rombongan Dinsos Kaltim diterima langsung Kadis Sosial Kabupaten Paser, Haerul Saleh, di ruang kerjanya.

Kadis Sosial Kaltim didampingi Sekretaris Muhammad Yusuf, Kabid Dayasos Juraidi, Kasi Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial (K2KRS), Abdul Khair, dan Kasi Pemberdayaan Kelembagaan Serta Pengumpulan dan Pengelolaan Sumber Dana Sosial (PPSDS), Rully Erfian.

Agus Hari Kesuma mengatakan kunjungan kerja ini dalam rangkaian upaya penelusuran jejak perjuangan Sultan Aji Muhammad Idris. Pasalnya, sudah 75 tahun Indonesia merdeka.

Namun sampai saat ini, belum ada satu pun tokoh asal Kaltim yang dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional.

Harapan mengangkat salah satu tokoh menjadi pahlawan nasional tetap ada. Salah satu yang kini diusulkan, adalah Sultan Aji Muhammad Idris.

Menurut Agus Hari Kesuma, Pemprov Kaltim melalui Dinsos Kaltim akan memperjuangkan Sultan Aji Muhammad Idris dijadikan Pahlawan Nasional dari Kalimantan Timur,

“Semoga dengan adanya Konsultasi ini bisa membuahkan suatu hasil dan penetapan Sultan Muhammad Idris menjadi Pahlawan Nasional bisa berjalan dengan baik. Ini merupakan langkah penting Pemprov Kaltim dalam berupaya untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan yang benar-benar layak disebut sebagai pahlawan nasional,” ujar Agus Hari Kesuma melalui rilis pada Kamis 25 Februari 2021.

Kadis Sosial Kabupaten Paser, Haerul Saleh mengatakan, penetapan Sultan Aji Muhammad Idris sebagai Pahlawan Nasional tentu merupakan kebanggaan tersendiri bagi keluarga almarhum, termasuk masyarakat Kaltim pada umumnya.

“Kita berharap, semoga penetapan Sultan Muhammad Idris menjadi pahlawan nasional ini bisa segera terwujud,” ujar Haerul Saleh. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status