Clicky

News

Mendagri Tito Karnavian Lakukan Pelantikan Pj Gubernur

KLIKSAMARINDA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah melaksanakan pelantikan Pj Gubernur atau penjabat gubernur. Usai pelantikan Pj Gubernur, mereka akan memimpin daerah hingga hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Pelantikan Pj gubernur ini berlangsung pada Selasa pagi, 5 September 2023 di Kementerian Dalam Negeri dan disiarkan langsung di kanal YouTube Kemendagri.

Mendagri Tito Karnavian menjelaskan bahwa pelantikan Pj Gubernur ini merupakan langkah penggantian dari gubernur yang telah purna tugas.

Menurut Tito, Pj Gubernur yang baru ini telah mengucapkan sumpah jabatan dengan penuh kesungguhan dan berkomitmen untuk menjalankan tugas sebagai pejabat gubernur dengan baik dan adil sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Para Pj Gubernur yang baru akan memimpin berbagai daerah di seluruh Indonesia. Mereka dipilih melalui rapat Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo pada 31 Agustus 2023.

Berikut adalah daftar PJ Gubernur yang baru dilantik Mendagri Tito Karnavian:

1. Pj Gubernur Jawa Barat: Bey Machmudin (Deputi Biro Pers Istana).
2. Pj Gubernur Jawa Tengah: Nana Sudjana (Inspektur Utama Setjen DPR RI/Komjen Pol Purn).
3. Pj Gubernur Sumatera Utara: Hasanuddin (Mayjen purn TNI/mantan Pangdam I/Bukit Barisan).
4. Pj Gubernur Bali: Sang Made Mahendra Jaya (Staf Khusus Mendagri/Irjen Pol).
5. Pj Gubernur Papua: Ridwan Rumasukun (Plh Gubernur Papua).
6. Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT): Ayodhia Kalake (Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi).
7. Pj Gubernur Kalimantan Barat: Harizon Azroi (Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat).
8. Pj Gubernur Sulawesi Tenggara: Andap Budhi (Sekjen Kemenkumham/Komjen Pol).
9. Pj Gubernur Sulawesi Selatan: Bachtiar Baharuddin (Pejabat Eselon 1 di Kemendagri).

Sementara itu, pelantikan Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Gita Ariadi (Sekretaris Daerah Provinsi NTB) akan menyusul pada 16 September 2023.

Saat sambutan, Mendagri Tito Karnavian menjelaskan agenda pelantikan untuk Pj gubernur NTB.

“Nanti NTB dilantiknya setelah selesai masa jabatan, kalau gak salah tanggal 16 September 2023, jadi akan nyusul sendirian. Jadi sekarang 9 hari ini,” kata Tito Karnavian dalam sambutannya di Kemendagri RI, Jakarta Pusat, Selasa, 5 September 2023.

Pelantikan penjabat gubernur ini juga merupakan momen penting karena PJ Gubernur akan memimpin daerah dalam masa transisi menuju Pilkada 2024.
Mendagri berharap agar para PJ Gubernur dapat meminimalisir potensi konflik terutama dengan pemilihan umum tersebut dan tetap netral dalam Pilkada 2024.

Pelayanan publik kepada masyarakat dan kelancaran pemerintahan daerah adalah fokus utama para PJ Gubernur dalam menjalankan tugas mereka.

Mendagri Tito Karnavian juga berharap agar Pilkada 2024 tidak akan mengganggu tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik di daerah.

Kementerian Dalam Negeri percaya bahwa para PJ Gubernur yang baru akan mampu menjalankan tugas mereka dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip integritas dan netralitas yang menjadi landasan tugas mereka.

Pelantikan PJ Gubernur ini menjadi langkah awal dalam memastikan kelancaran pemerintahan daerah hingga Pilkada 2024, dan semua pihak diharapkan dapat mendukung dan berkolaborasi untuk menjaga stabilitas dan keamanan dalam proses pemilihan umum mendatang. (*)

Show More
Back to top button
DMCA.com Protection Status