Clicky

Longsor Tutup Akses Jalan Samarinda Seberang

KLIKSAMARINDA – Curah hujan yang meningkat di Samarinda, Kalimantan Timur mengakibatkan bencana tanah longsor pada Rabu pagi, 13 Januari 2021. Tanah longsor terjadi di wilayah Jalan Ampera, Keluraan Mangkupalas, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda.

Tanah longsor ini menutup akses jalan penghubung antara Samarinda Seberang dengan Palaran. Para pengguna jalan raya pun terpaksa menghentikan lau kendaraan dan mengalami kemacetan di sepanjang jalan tersebut, pada Rabu pagi.

Jajaran Polsek Samarinda Seberang langsung terjun ke lokasi untuk mengatur para pengguna jalan. Berdasarkan hasil pantauan tim Satlantas Polresta Samarinda, terjadinya longsoran tersebut karena meningkatnya curah hujan sejak Rabu dini hari.

Akibat dari tanah longsor tersebut, para pengguna jalan yang akan menuju Palaran ataupun Samarinda Seberang tidak dapat melewati jalan tersebut.

“Akses jalan tertutup oleh material longsoran tanah akibat hujan deras itu baru diketahui pukul 07.00 WITT tadi pagi,” ujar Panit II Lantas Polsek Samarinda Seberang, Heri.

Heri menerangkan, longsor sudah lazim terjadi pada lokasi tersebut setiap terjadinya peningkatan curah hujan.

“Longsoran tanah tersebut terbawa oleh air sehingga tanah tersebut turun ke jalan. Tumpukan tanah longsor yang terbawa oleh air tersebut lama-kelamaan menjadi tumpukan hingga membentuk bukit kecil dan menutupi jalan,” ujar Heri.

Bersama warga sekitar, Jajaran Polsek Samarinda Seberang berusaha membersihkan material longsor dengan alat seadanya saja.

“Akses jalan saat ini sudah bisa dilalui lagi namun hanya untuk pengguna jalan dari arah Palaran menuju Samarinda Seberang saja sedangkan penggunaan jalan dari Samarinda Seberang menuju Palaran harus mencari jalan alternatif lain,” ujar Heri. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status