Parlementaria

Ketua DPRD Samarinda: Pencegahan Corona Tak Sebatas Penyemprotan Disinfektan dan Pembagian Masker

KLIKSAMARINDA – Upaya pencegahan penyebaran wabah virus corona (Covid-19) memerlukan perhatian pelbagai pihak. Tak hanya itu, selain upaya konkret pencegahan di tengah wabah ini sekaligus mencari jalan keluar pasca pandemi menjadi upaya yang juga perlu dilakukan.

Saat ini, upaya massif yang telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun masyarakat berkaitan dengan pencegahan penyebaran. Himbauan jaga jarak (social distancing dan physical distancing), penyemprotan disinfektan, hingga penggunaan masker menjadi lumrah dilakukan.

Pun demikian di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Baik pemerintah maupun masyarakat tampak terus berupaya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas.

Tetapi, upaya-upaya di atas masih memerlukan dukungan berupa pendidikan dan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya Covid-19 dan upaya penanganannya. Karena itu, salah satu cara yang perlu dilakukan adalah turun langsung ke masyarakat dan memberikan penjelasan terkait wabah corona ini.

Seperti yang dilakukan oleh Ketua DPRD Samarinda, Siswadi, dalam pekan ini. Tak hanya turut mengikuti kegiatan penyemprotan cairan disinfektan di beberapa titik di Kota Tepian. Politisi PDI Perjuangan ini pun turut memberikan edukasi terhadap warga tentang wabah Covid-19. Siswadi punya alasan tersendiri tentang aksinya ini.

“Pencegahan bukan sekedar soal menyemprotkan cairan disinfektan dan membagikan masker, tapi dengan edukasi dan mengajak masyarakat langsung mengajarinya cara untuk keluar dari pandemi ini. Itulah kenapa, saya bersama Bapak Wakil Walikota H. M.Barkati, S.Sos, MH turun langsung memberikan edukasi & pemahaman akan pandemi covid-19.” ujar Siswadi, Kamis 16 April 2020.

Siswadi berharap seluruh pihak bersatu dan semangat dalam menghalau pandemi Covid-19 ini. Pun tetap menjalankan himbauan dari para pakar & tenaga medisterus. (*)