Ragam

Cara Berbeda Membantu Pedagang dan Korban Terdampak Wabah Corona di Samarinda

Ilustrasi

KLIKSAMARINDA – Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk menunjukan keperduliannya kepada sesama di tengah wabah corona (Covid-19). Ada yang menyumbang alat medis untuk para tenaga medis, ada yang memberi sembako kepada warga tidak mampu, atau membantu para penjahit untuk tetap eksis.

Langkah berbeda dilakukan para Alumni SMP Muhamadiyah Samarinda. Mereka membantu para pedagang makanan di kota Samarinda sekaligus membantu warga kota Samarinda yang masih bekerja saat ini.

Koordinator Aksi Peduli SMP Muhamadiyah Samarinda, Azis, melihat para pedagang makanan ini tidak tersentuh. Banyak dari mereka yang sudah gulung tikar akibat tidak ada pembeli. Selain itu, warga kota Samarinda yang saat ini masih bekerja di lapangan seperti pengemudi ojek, supir angkot, dan buru pelabuhan, bahkan para jurnalis.

“Kami bantu para pedagang makanan untuk membuatkan makanan untuk para buruh, gojek dan wartawan. Kami serahkan uangnya saja. Biar mereka yang membagikan kepada buruh, kepada ojek, dan jurnalis,” kata Azis.

Aksi peduli ini, menurut Azis, menghindari pembagian yang mengumpulkan orang banyak karena hal itu berpotensi terjadinya kerumunan massa. Untuk tahap awal pihaknya membantu 5 warung makan untuk membuatkan makanan kepada buruh, tukang ojek, dan jurnalis.

“Saat ini kami minta warung makan itu untuk membuatkan makanan dengan porsi sedang untuk 30-50 orang dalam sehari. Aksi akan kami laksanakan selama dua hari. Dan ke depan akan kami laksanakan lagi dengan berbagai evaluasi tentunya yang baik akan diperbaiki sedangkan yang baik akan ditambah,” ujar Azis. (Jie)