News

Kebakaran Melanda Pemukiman Warga di Jalan KS Tubun Dalam Kelurahan Sidodadi Samarinda

KLIKSAMARINDA – Kejadian kebakaran hebat terjadi di Jalan KS Tubun Dalam, Gang Wiraguna, RT 11, Kelurahan Sidodadi, Samarinda.

Kebakaran ini menghanguskan satu bangsalan yang terdiri dari 12 pintu dan dua rumah beton.

Insiden kebakaran ini terjadi pada Kamis malam, 27 Juli 2023 sekitar pukul 19.40 WITA. Petugas pemadam berhasil memadamkan api dalam waktu satu jam, sekitar pukul 21.00 WITA.

“Sekitar pukul 20.45 Wita, api berhasil kami taklukan,” ujar Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda, Makmur Santoso, usai proses pemadaman berakhir, Kamis malam.

Makmur Santoso menerangkan, untuk mengatasi kebakaran tersebut, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda menurunkan 4 unit pemadam dari posko pemadam kebakaran.

Namun, saat berada di lapangan, petugas menghadapi beberapa kendala yang mempersulit proses pemadaman.

Makmur menyebut bahwa salah satu kendala utama adalah adanya bangunan dengan struktur dari kayu di area yang terbakar.

Hal ini menyebabkan api lebih cepat merambat dan sulit untuk dikendalikan. Selain itu, kesulitan mendapatkan pasokan air juga menjadi permasalahan di lokasi kejadian.

Kawasan tersebut didapati kurangnya sumber air yang memadai untuk memadamkan api dengan cepat.

Tak hanya itu, keberadaan masyarakat yang memarkirkan kendaraan secara sembarangan di sekitar area kebakaran juga menjadi kendala bagi petugas pemadam. Hal ini menyulitkan mobilitas petugas dan memperlambat proses pemadaman.

“Untuk kendala kita di lapangan adalah ada rumah yang terbuat dari kayu, susahnya air di kawasan ini, dan banyak masyarakat yang memarkirkan kendaraan sembarangan yang membuat petugas damkar sangat kesulitan,” ujar Makmur Santoso.

Sementara itu, selain menyelidiki kejadian kebakaran tersebut, aparat kepolisian dari Satlantas Polresta Samarinda juga melaksanakan Pengaturan lalu lintas di Jalan KS. Tubun Dalam kepada Kendaraan yang memiliki Hak Utama untuk didahulukan karena terjadi kebakaran di sekitar Jalan Wiraguna Samarinda.

Hingga saat ini, penyebab pasti kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan oleh pihak berwajib. Petugas mencatat terdapat satu orang yang mengalami luka ringan akibat kebakaran ini dan tidak ada korban jiwa.

Berbagai pihak terkait akan melakukan investigasi untuk mengetahui akar permasalahan dan mencegah kemungkinan kebakaran serupa terjadi di masa mendatang. (Pia)

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status