Clicky

Kapal Kayu Pengangkut Batubara Tenggelam di Kukar

KLIKSAMARINDA – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan melaporkan peristiwa kecelakaan laut yang terjadi Senin 29 Maret 2021 di Perairan Saliki, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Basarnas menerima laporan tersebut pukul 14.30 WITA. Dalam laporan tersebut, Basarna menerima informasi sebuah kapal klotok pengangkut batu bara bernama dikabarkan terbalik dihantam ombak.

Kapal Putri Tunggal terbalik diduga karena kelebihan muatan batu bara. Kapal itu sebelumnya melakukan pelayaran di Perairan Muara Badak membawa muatan batubara.

“Kapal ini melakukan perjalanan di Perairan Saliki membawa batu bara. Pada saat bersamaan juga terjadi ombak dan terbalik. Pada pukul 14.50 Wita kami menggerakkan satu tim rescue dari unit Samarinda untuk operasi,” ujar Kepala Basarnas Kaltimra, Melkianus Kotta melalui keterangan tertulis.

Di kapal tersebut terdapat tiga orang penumpang. Dua penumpang berhasil selamat, yaitu Wahyu dan Ansar.

Namun satu ABK hilang dan masih dalam pencarian. Tim pencarian diturunkan menuju lokasi kejadian dengan jarak tempuh sekitar 62 kilometer dari posko SAR Samarinda.

“Jumlah korban ada tiga orang, yang dua sudah dinyatakan selamat, tinggal satu orang atas nama Rahmat umur 45 tahun,” ujar Melkianus Kotta.

Tim pencarian terdiri dari unsur gabungan yang berasal dari Unit Siaga SAR Samarinda, Dit Pol Air Kukar, Dit Pol Air Polda Kaltim, Pos AL Muara Pegah dibantu warga. (*)

DMCA.com Protection Status