Clicky

Kaltim Buka Pusat Informasi Pariwisata di Bali

KLIKSAMARINDA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim), melalui Dinas Pariwisata (Dispar) membuka dan melakukan aktivasi Tourist Information Center (TIC) atau Pusat Informasi Pariwisata Kaltim (PPIK) di Kuta-Bali. Aktivasi TIC Kaltim berlangsung Sabtu 12 Desember 2020 lalu.

TIC Kaltim ini berada di sebuah ruko di depan Hotel Mercure Legian, Bali. Pembukaan TIC Kaltim ini bertujuan mendekatkan destinasi wisata Kaltim dengan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus).

Kepala Dispar Kaltim, Sri Wahyuni mengungkapkan penetapan Bali sebagai lokasi PPIK karena barometer pariwisata Indonesia. Pasalnya, wisman dan wisnus terpusat di Bali.

“Dengan TIC ini, diharapkan Kaltim bisa menjadi tujuan wisata berikutnya setelah para pelancong ke Bali. Dengan kata lain Kaltim diharapkan menjadi destinasi wisata sekitar Bali yang akan dikunjungi wisatawan. Karena itu, untuk menggaet wisatawan ini, maka informasi pariwisata Kaltim harus tersedia di Bali,” ujar Sri Wahyuni, kepada Humas Pemprov Kaltim, Minggu, 13 Desember 2020.

Sri Wahyuni menambahkan, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Bali sangat update dengan berbagai aktivitas promosi dan pertemuan dengan para tour operator mancanegara.

Karena itu, kehadiran TIC Kaltim di Bali, petugas TIC Kaltim bisa mengikuti perkembangan pariwisata dan demand (preferensi) wisatawan dari berbagai negara.

“Di lantai 2 TIC, dapat digunakan sebagai ruang pertemuan yang bisa menampung sampai 25 orang. Untuk itu, mitra industri pariwisata Kaltim seperti pelaku perhotelan, travel, pemandu wisata, mahasiswa/pelaku ekonomi kreatif dapat menggunakan TIC ini sebagai tempat meeting dan tidak dipungut biaya,” ujar Sri Wahyuni.

Pertimbangan lain, menurut Sri Wahyuni, Kaltim merupakan destinasi Tirtayatra (perjalanan suci untuk memperoleh air suci) masyarakat Bali. Sehingga info-info pariwisata di Kaltim perlu diketahui masyarakat Bali yang akan melakukan wisata rohani ke Kutai Kartanegara.

“Setelah dilakukan aktivasi TIC akan beroperasi dan Grand launching TIC Kaltim dijadwalkan tahun depan oleh Gubernur Kaltim,” ujar Sri Wahyuni. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status