Clicky

Gelar Pasukan Samarinda Siaga Karhutla

KLIKSAMARINDA – Polresta Samarinda menggelar apel kesiapsiagaan personil gabungan dan simulasi menghadapi Kebakaran Hutan dan Lahan atau karhutla.

Wakapolresta Samarinda AKBP Eko Budiarto, S.I.K memimpin apel tersebut di halaman Mapolresta Samarinda, Senin 15 Maret 2021.

Hadir dalam apel tersebut jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda dengan peserta apel personel Polresta Samarinda, personel TNI, Brimob Den B Samarinda, BPBD, Damkar Kota Samarinda, serta Relawan Kota Samarinda.

Wakapolresta Samarinda, AKBP Eko Budiarto,S.I.K menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan guna memastikan kesiapsiagaan personel dan sarana prasarana (Sarpras) yang siap digunakan dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

“Ini wujud keseriusan Polresta Samarinda dan Instansi Terkait dalam upaya penanggulangan dan pencegahan karhutla,” ujar AKBP Eko Budiarto,S.I.K.

AKBP Eko Budiarto,S.I.K juga menyampaikan, perlu sinergi bersama antara Polri, TNI, Pemerintah daerah serta peran serta Stakeholder terkait dan masyarakat dalam upaya menghadapi dan menanggulangi Karhutla.

Sekretaris Daerah Kota Samarinda Sugeng Chairuddin menjelaskan bentuk kesiapan Pemerintah Kota bersama Polresta Samarinda, pemadam dan relawan adalah menyiapkan personil yang siap siaga dan disertai dengan teknologi aplikasi yang bernama Lancang Kuning guna aplikasi ini adalah untuk mendeteksi titik api.

“Untuk itu kita tegaskan hari ini, camat kita ikut sertakan dengan harapan camat nantinya menindaklanjuti bersama lurah di wilayahnya agar mensosialisasikan larangan-larangan pembakaran kebun, hutan dan sampah, apalagi sekarang sudah memasuki musim kemarau kita harus bersama-sama waspada,” ujar Sugeng Chairuddin kepada wartawan.

Usai apel, juga dilanjutkan dengan simulasi di halaman mako polres guna penanganan apabila terjadi kebakaran dengan disaksikan oleh tamu undangan. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status