KLIKSAMARINDA | Fase Epidemik Covid-19 Samarinda Mulai Alami Penurunan
Fokus News

Fase Epidemik Covid-19 Samarinda Mulai Alami Penurunan

Kurva Epidemiologi Covid-19 Samarinda

KLIKSAMARINDA – Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Samarinda, menunjukkan kurva epidemiologi Covid-19 mengalami deselerasi. Menurut catatan Dinas Kesehatan Kota Samarinda per 10 Agustus 2020, di Samarinda kasus konfirmasi positif Covid-19 mencapai 383 kasus setelah adanya penambahan kasus baru sebanyak 5 orang.

Sebanyak 89 kasus masih dalam perawatan dan 280 di antaranya sudah dinyatakan sembuh dengan kasus meninggal dunia mencapai 14 kasus.

Jika dilihat dari kurva epidemiologi, Samarinda disebut Dinas Kesehatan Kota tengah memasuki fase deselerasi atau penurunan kasus. Sebelumnya, dalam 4 minggu terakhir, Samarinda berada dalam fase epidemik kedua.

Menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Samarinda, Ismed Kusasih, angka kematian kasus terkonfirmasi positif sebesar 3,7%. dengan angka kesembuhan sebesar 73%. 91% adalah kasus tanpa gejala dan ringan-sedang dan melakukan isolasi mandiri.

“Hal ini menunjukkan bahwa tingkat penularan di masyarakat menurun dan dapat ditekan. Beberapa klaster besar berhasil di cegah penularan di masyarakat, dan didukung oleh meningkatnya kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan,” ujar Ismed Kusasih, melalui rilis pada 10 Agustus 2020.

Meski mengalami deselerasi kurva epidemiologi, namun Dinas Kesehatan Samarinda tetap mengingatkan agar warga tetap waspada dan taat dengan protokol kesehatan.

“Pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan dan hindari kerumunan,” ujar Ismed Kusasih. (*)

DMCA.com Protection Status