Ekbis

Ekonomi Warga Terbantu Dengan Pariwisata di Gunung Lonceng Samarinda

Foto: Ist

KLIKSAMARINDA – Keberadaan tempat paiwisata di Gunung Lonceng yang terletak di Jalan Dwikora, Kelurahan Mangkupalas, Kecamatan Samarinda Seberang ini ternyata membuat perekonomian di kawasan itu bergeliat.

Jika sebelumnya warga sekitar hanya berkebun, kini selain berkebun mereka juga menjadi pedagang makanan dan minuman yang disiapkan untuk pengunjung.

“Rata-rata ibu-ibu di sini jualan semua. Dengan ada kegiatan, tiap hari di sini,” ujar Wa Ode, warga RT 17, Kelurahan Mangkupalas, Samarinda.

Wa Ode membuka usaha di sekitar Gunung Lonceng dengan modal tenda jualan yang dibangun bersama sang suami. Ibu tiga anak ini berdagang makanan dan minuman yang dibutuhkan para pengunjung.

Dinas Pariwisata Samarinda memberikan rekomendasi untuk tetap membuka usaha kepada para pelaku usaha pariwisata di tengah dampak Covid-19. Selain menambah jumlah destinasi wisaya di Samarinda, lokasi Gunung Lonceng ini juga membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar.

Kepala Dinas Pariwisata Samarinda, I Gusti Ayu Sulistiani menyatakan, pemerintah mendukung pengembangan usaha berbasis pariwisata. Selain karena membantu perkembangan ekonomi warga, lokasi pariwisata di Samarinda cukup menerik perhatian warga.

“Kita pemerintah mendukung karena ini merupakan hal yang positif. Di sana masyarakat mendapatkan manfaat dengan adanya destinasi seperti ini. Meskipun belum terlalu banyak tetapi lumayan mendapat minat dari masyarakat. Setelah saya lihat, memang itu potensinya bagus, view-nya bagus. Tinggal bagaimana kita mengembangkanya. (Jie)