News

DPR RI Akan Tinjau Penanganan Banjir di Samarinda

KLIKSAMARINDA – Kamis, 23 Januari 2020, Komisi V DPR RI akan berkunjung ke Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Tujuannya untuk melihat perkembangan penanganan banjir Kota Samarinda serta pengembangan Bandara APT Pranoto Samarinda.

“Ini merupakan kunjungan yang kedua Komisi V DPR RI ke Kalimantan Timur sejak saya dilantik 1 Oktober 2019 kemarin. Sebelumnya kunjungan spesifik di Balikpapan terkait Pembangunan IKN, jalan tol, bendungan, dan jembatan pulau Balang. Ini bagian dari strategi saya bagaimana agar sesering mungkin Komisi V DPR RI datang ke Kaltim berkunjung mengingat Komisi ini membidangi Infrastruktur, Perhubungan serta Pembangunan desa dan daerah tertinggal,” ujar anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irwan.

Irwan berharap di pertemuan besok, pemerintahan Kota Samarinda bisa menyampaikan semua rencana penanganan banjir Samarinda serta rencana pembangunan lainnya. Komunikasi itu agar Komisi V DPR RI dapat membahasnya di pusat termasuk mengembangkan bandara Samarinda sampai runway-nya menjadi 3.000 meter.

Irwan mencatat, pada tahun 2020 ada Rp64 miliar alokasi APBN untuk penanganan banjir Samarinda. Yang terpenting, menurutnya, bagaimana penanganan banjir Samarinda bisa masuk dalam Proyek Strategis Nasional.

“Upaya Walikota Syaharie Jaang untuk mengatasi banjir Samarinda dan pembangunan kota Samarinda harus kita apresiasi karena masa depan Samarinda masa depan kita bersama. Dari kemarin kami saling berdiskusi dan berkoordinasi. Butuh pembiayaan besar menangani Banjir Samarinda. Semoga pelibatan peran pemerintah pusat dan penggunaan dana APBN ke depan bisa lebih maksimal lagi di Samarinda,” ujar Irwan dalam rilis pada Rabu 22 Januari 2020. (*)