Clicky

BKSDA Kaltim Evakuasi Orangutan Yang Masuk Pemukiman Warga Paser

KLIKSAMARINDA – Setelah melakukan pelacakan selama hampir 3 hari dengan medan yang cukup berat di hutan sekitar Desa Lusan, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur melakukan evakuasi terhadap individu orangutan.

Dalam keterangan tertulis Jumat 11 Juni 2021, BKSDA Kaltim menjelaskan, evakuasi itu berlangsung Kamis 10 Juli 2021, sekitar pukul pukul 17.00 WITA, di hutan sekitar Desa Lusan.

“Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur bersama dengan tim medis satwa Yayasan BOS, anggota Kepolisian Sektor Muara Komam, dan masyarakat Desa Lusan, pada hari Kamis 10 Juni 2021 sekitar pukul 17.00 WITA dapat menemukan dan menyelamatkan orang utan yang sebelumnya terekam memasuki kawasan pemukiman masyarakat,” demikian keterangan dari BKSDA Kaltim.

BKSDA Kaltim menerangkan, orangutan jantan dewasa tersebut diduga merupakan orang utan yang sebelumnya pernah dilepasliarkan setelah menjalani proses rehabilitasi. Hal tersebut dapat dikenali melalui keberadaan microchip penanda yang ada pada tubuhnya.

Untuk penanganan lebih lanjut, orang utan tersebut dipindahkan terlebih dahulu ke Pusat Rehabilitasi Orang utan yang dikelola Yayasan BOS bersama BKSDA Kalimantan Timur di Samboja untuk menjalani observasi dan pemeriksaan kesehatan serta penilaian kesiapannya untuk pelepasliaran kembali ke alam.

Sebelumnya, sebuah video yang menampilkan seekor orangutan dewasa yang memasuki pemukiman warga viral di media sosiial, Rabu 9 Juni 2021. Tampak dalam video tersebut, orangutan berjalan bersama sejumlah warga dengan tenang.

Diketahui kemudian, orangutan itu berada di Desa Lusan, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Orangutan itu diajak berjalan memasuki pemukiman diiringi gelak tawa warga yang melihatnya. (*

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com