Senin, 8 Maret 2021 02:38:23

Beberapa Agenda Munas AP HTN 2021 Indonesia

Plt. Ketua Umum AP HTN-HAN, Prof. Dr. Suko Wiyono, S.H., M.H

KLIKSAMARINDA – Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara – Hukum Administrasi Negara (AP HTN-HAN) Indonesia akan menggelar Musyawarah Nasional yang ke-VI. Agenda ini akan berlangsung pada 3-4 Februari 2021 di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut Plt. Ketua Umum AP HTN-HAN, Prof. Dr. Suko Wiyono, S.H., M.H, terdapat beberapa hal menjadi agenda Munas.

Pertama, tema besar yang diangkat pada Munas AP HTN-HAN ke VI ini adalah, “Penguatan Sistem Perundang-undangan & Hubungan Pusat Daerah”. Kedua tema ini kami rangkaian menjadi satu tema besar dengan argumentasi, bahwa saat ini kita dihadapkan pada regulasi dan legislasi.

“Terutama terkait dengan “over regulation” atau membengkaknya peraturan perundang-undangan di Indonesia. Ini belum termasuk dengan begitu banyaknya produk perundang-undangan yang nir-partisipasi masyarakat secara luas. Begitupun dengan isu hubungan pusat dan daerah, yang bagi kami sudah seharusnya ditinjau ulang saat ini. Selain evaluasi soal otonomi khusus di Aceh dan Papua, persoalan kewenangan atau urusan pemerintahan, keuangan, dan produk hukum, juga akan menjadi concern kami,” ujar Prof. Dr. Suko Wiyono saat press release pada Sabtu, 30 Januari 2021 melalui aplikasi Zoom.

Kedua, imbuh Prof. Dr. Suko Wiyono, Munas AP HTN-HAN ke VI ini akan dihadiri oleh Pengurus Pusat dan Pengurus Daerah AP HTN-HAN yang terdiri dari 28 kepengurusan disemua daerah di Indonesia. Selain peserta penuh, juga akan dihadiri oleh peserta peninjau.

“Agenda Ketiga dalam Munas AP HTN-HAN ke VI akan diselenggarakan dengan menggabungkan metode dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Namun pada ptinsipnya, munas ini akan dilakasanakan secara daring, sedangkan luring hanya dilaksanakan secara terbatas saja,” ujar Prof. Dr. Suko Wiyono.

Seluruh kegiatan rangkaian Musyawaran Nasional APHTNHAN VI -Kalimantan Timur dilaksanakan dengan metode daring – virtual seminar dan luring terbatas. Pelaksanaan MUNAS dilaksanakan dengan :
a. Virtual by Zoom Meeting
b. Pemilihan atau penghitungan suara By E -Voting
c. Pelaksanaan dengan Protokol COVID 19

Keempat, agenda Munas AP HTN-HAN ke VI ini akan diawali dengan Seminar Nasional pada hari pertama, 3 Februari 2021 dengan narasumber Prof. Dr. Maria Farida Indrati (Guru Besar FH-UI dan Hakim MK 2008-2018), dan Prof. Dr. Ni’matul Huda (Guru Besar FH-UII).

“Sedangkan Menkopolhukam, Prof. Dr. Mahfud, MD akan bertindak sebagai Keynotes Speech, dan Gubernur Kalimantan Timur, Dr.Ir.H. Isran Noor akan menyampaikan Opening Speech dalam kegiatan seminar nasional tersebut,” ujar Prof. Dr. Suko Wiyono.

Kelima, selain memilih kepengurusan baru, Munas AP HTN-HAN ke VI ini akan memberikan rekomendasi-rekomendasi atas respon terhadap situasi kebangsaan yang berkembang akhir-akhir ini.

“Sebab bagi kami, bersikap terhadap situasi kebangsaan tersebut, adalah tanggungjawab intelektual kami demi penataan sistem ketatanegaraan Indonesia yang lebih baik,” ujar Prof. Dr. Suko Wiyono. (dui)

Tinggalkan Balasan

error: Terima kasih telah membaca kliksamarinda.com