Bahagianya Ibu Rumah Tangga Yang Ikut Bimtek Pembuatan Amplang di Sungai Kapih Samarinda – KLIK SAMARINDA
Ekbis

Bahagianya Ibu Rumah Tangga Yang Ikut Bimtek Pembuatan Amplang di Sungai Kapih Samarinda

Selama 3 hari, Dinas Perindustrian kota Samarinda menggelar Bimbingan Teknis Pembuatan Amplang Untuk Pemula dengan Standard Manufactoring Practise (GMP) di Kelurahan Sungai Kapih, Kecamatan Sambutan, Samarinda. Kegiatan ini berlangsung pada 20-22 Agustus 2019.

“Kami gelar kegiatan Bimtek ini untuk 25 orang pengusaha industri kecil pemula di kelurahan Sungai Kapih dengan harapan dapat meningkatkan kualitas produknya serta menambah pengetahuan mengenai GMP selama tiga hari,” ujar Muhammad Faisal, Kepala Dinas Perindustrian kota Samarinda.

Dua orang hadir menjadi narasumber, yaitu dari Baristand Industri yakni Arba Susanty, SPi, MSc dan Ir. Tatik Purwanti, MSi. Keduanya memberikan materi tentang menumbuhkan jiwa kewirausahaan, motivasi, GMP indutri pangan terutama amplang, merk, pelabelan, dan lain sebagainya di hari pertama. Materi dilanjutkan praktek langsung di hari kedua dan ketiga.

“Untuk teori kami laksanakan di aula kelurahan sungai kapih dan prakteknya dilaksanakan di Sentra IKM Pengolahan Serba Ikan di Sungai Kapih milik Pemkot Samarinda yang sudah cukup standart untuk pelatihan atau bimtek, Alhamdullilah semua peserta serius mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir,’ lanjut Faisal bersemangat kepada awak media.

Sementara itu, Tatik Purwanti salah seorang narasumber pada bimtek ini mengatakan seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Tatik menilai ada suasana positif dalam pelaksanaan kegiatan tersebut sehingga mampu menggali potensi daerah dari sektor kuliner.

“Sangat bagus sekali. Sangat positif untuk ibu-ibu terutama untuk memanfaatkan potensi daerah yang banyak di sekitar kita seperti perikanan air tawar ini. Sebenarnya tidak hanya terbatas untuk industri amplang saja. Banyak produk ikan tawar yang bisa dibuat seperti nugget, bakso dan lainnya yang bisa memanfaatkan teknologi rumahan artinya dengan alat-alat rumah tangga saja sudah bisa berproduksi,” ujarnya.

Mengikuti kegiatan bimbingan teknis ini, salah seorang peserta mengatakan sangat senang. Menurutnya, dengan adanya bimtek ini dengan berharap dapat terus dilanjutkan secara kontinyu di waktu yang akan datang.

“Mudahan ada terus kelanjutannya bimtek ini ya, kami senang sekali mengikutinya. Kalo bisa di lain waktu bisa lagi dilaksanakan untuk ibu-ibu yang lain di wilayah kami dengan materi yang berbeda-beda. Apalagi materi yang diajarkan sudah standard dan tempatnya juga sangat nyaman,” kata Siti Umi, salah seorang peserta yang telah menyelesaikan kegiatan pada saat acara penyerahan sertifikat. (rilis)