News

Alif Turiadi Siap Perjuangkan Aspirasi Warga Muara Kaman Ulu di Sektor Pendidikan dan Perikanan

KLIKSAMARINDA – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Alif Turiadi, menyatakan siap memperjuangkan sektor pendidikan dan perikanan yang ada di Desa Muara Kaman Ulu, Kecamatan Muara Kaman.

Kesiapan Alif Turiadi tersebut merupakan respon atas aspirasi warga Desa Muara Kaman Ulu ketika reses di Desa Muara Kaman Ulu, Kecamatan Muara Kaman, Rabu 9 Agustus 2023.

Saat reses berlangsung, warga Desa Muara Kaman Ulu menyampaikan keluh kesah yang berkaitan dengan perbaikan sektor pendidikan yang kurang mendapatkan perhatian.

Anita Rosiah, pengelola PAUD di Desa Muara Kaman Ulu, menyampaikan bahwa ruang belajar anak muridnya di PAUD masih kurang memadai.

“Jadi tempat belajar kita itu kecil, Pak. Mohon kalau bisa dibantu untuk dibangunkan ruang belajar untuk siswa kami. Karena banyak yang ingin bersekolah namun harus saya batasi karena kurang ruang,” ujar Anita Rosiah.

Warga lainnya juga mengeluhkan sektor lain, seperti perikanan. Sektor perikanan ini merupakan sumber mata pencaharian utama warga Desa Muara Kaman Ulu.

Hampir seluruh warga di Desa Muara Kaman Ulu berprofesi sebagai nelayan. Menurut Kepala Desa Muara Kaman Ulu, Hendra, sektor perikanan menjadi salah satu sumber utama mata pencaharian warga desa yang dipimpinnya.

Hendra mengatakan hampir seluruh warganya berprofesi sebagai nelayan tangkap. Namun, banyak warganya yang membutuhkan bantuan alat tangkap hingga pendampingan cara pembudidayaan ikan.
Alat tangkap ikan tersebut akan sangat membantu peningkatan hasil tangkapan di Desa Muara Kaman Ulu.

“Harapannya semoga aspirasi dari warga ini dapat diperjuangkan oleh para anggota dewan Kukar,” ujar Hendra.

Usai mendengar pelbagai masukan dan aspirasi warga Desa Muara Kaman Ulu, Alif Turiadi menyampaikan jika dirinya siap memperjuangkan aspirasi warga di Desa Muara Kaman Ulu.

Menurut Ketua DPC Partai Gerindra Kukar ini, seluruh usulan tersebut diterima dan akan dikaji untuk menjadi bahan pertimbangan dalam merealisasikan aspirasi tersebut.

“Ini tentunya akan kita perjuangkan. Segala aspirasi yang disampaikan tadi akan kita filter dulu dan selanjutnya akan perjuangkan nantinya,” ujar Alif Turiadi.

Terkait sektor pendidikan, Alif Turiadi akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kukar. Hal ini untuk pemerataan pendidikan di Desa Muara Kaman Ulu.

“Ini akan kita lihat dulu proposalnya. Dan kita tetap akan memperjuangkan sektor pendidikan di Muara Kaman Ulu ini. Karena ini penting bagi para pelajar dan generasi muda,” ungkap Alif Turiadi.

Di sektor perikanan, Alif Turiadi mendukung adanya usulan penyediaan alat tangkap ikan. Pasalnya, alat tangkap ini akan berkaitan dengan peningkatan produksi hasil tangkap.

Peningkatan hasil tangkap ikan ini akan sangat berpengaruh terhadap ketersediaan pangan. Mengingat diperkirakan akan banyak para pendatang dari luar pulau dalam rangka pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Sehingga, menurut Alif Turiadi, kebutuhan ikan pasti lebih banyak.

“Jadi sektor perikanan ini perlu. Dan tetap akan kita perjuangkan juga,” ujar Alif Turiadi. (*)

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status