Clicky

Warga Adat Kutai Akan Negosiasi Dengan Bupati Kukar Soal Cat Jembatan Kertanegara

Jembatan Kertanegara di Kukar (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA – Ratusan warga adat Kutai di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), kembali melakukan aksi di Jembatan Kertanegara, Kamis, 13 Januari 2022 sore kemarin.

Mereka berkumpul di atas jembatan yang terletak di Kelurahan Timbau, Tenggarong, Kukar.

Aksi kali ini ditujukan untuk mengecat ulang jembatan dengan cat warna kuning. Aksi pengecatan jembatan itu batal.

Ketua Umum Perkumpulan Adat Remaong Kutai Berjaya (RKB) Kaltim, Hebby Nurlan Arafat menyampaikan bahwa Kutai Kartanegara (kukar) yang jadi ikon kabupaten dengan julukan Kota Raja identik dengan warna kuning.

Namun semuanya sudah berubah karena pengecatan jembatan dengan warna merah. Bahkan Jam Bentong simbol Kota Tenggarong sudah dicat merah.

Karena alasan itu warga Adat Kutai meminta agar pemerintah kembali mewarnai ulang jembatan dan jam ikon Kota Raja ke warna semula, yaitu warna kuning.

“Kami minta kembalikan jembatan. Jembatan yang ada di Kutai Kartanegara. Kemudian Jam Bentong itu dikembalikan dengan warna sakral seperti semula, yaitu kuning,” ujar Hebby Nurlan Arafat.

Ketua DPRD Kutai Kartanegara, Salehudin mendesak Pemkab Kukar dan warga agar segera merumuskan kesepakatan bersama. Khususnya membuat kesepakatan terkait warna Jembatan Kertanegara.

Salehuddin menekankan agar kedua belah pihak untuk mengedepankan kondusivitas Kabupaten Kukar. Salehuddin juga meminta pemerintah agar mengkaji ulang rencana pengecatan jembatan tersebut sesuai ketentuan yang ada.

“Sudah ada ketentuannya. Tetapi juga harus ada komunikasi yang baik untuk mencari titik temu berkaitan jembatan. Kami menunggu hasil karena yang berkaitan ini masyarakat adat. Harapan kita ini ada titik temu berkaitan dengan ini,” ujar Salehuddin.

Dikabarkan Bupati Kukar, Edi Damansyah meminta dialog dengan perwakilan warga Adat Kutai. Dialog pun berlangsung di Polres Kukar.

Dalam dialog itu, Bupati Edi Damansyah menyatakan akan mewujudkan permintaan warga adat Kutai untuk mengecat ulang jembatan yang membentang di atas permukaan Sungai Mahakam dengan warna kuning.

Pemkab Kukar dan warga Adat Kutai RKB Kaltim bersepakat akan melakukan pertemuan dua minggu ke depan untuk menentukan waktu pengecatan ulang Jembatan Kartanegara sehingga berwarna kuning. (Jie)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com