Clicky

Kamis, 28 Januari 2021

Update Covid-19 Kaltim, Ratusan OTG Negatif di Samarinda

KLIKSAMARINDA – Dalam beberapa pekan terakhir, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Samarinda gencar melakukan test swab dan Rapid Test di sejumlah tempat umum, seperti pasar. Hasilnya, meski belum zero Covid-19, terjadi penambahan kasus negatif di Samarinda.

Menurut Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak, per 15 Juni 2020, tercatat sebanyak 478 kasus negatif di Kaltim. Terbanyak adalah dari Samarinda 471 kasus. Sisanya dari Penajam Paser Utara sebanyak 7 kasus.

“Untuk hasil pemeriksaan laboratorium hari ini 15 Juni 2020, ada 478 kasus. Sebagian besar dari Samarinda, yaitu 471 kasus dari Samarinda. Satu kasus merupakan pasien dengan pengawasan (PDP). Sebanyak 470 kasus merupakan kasus orang tanpa gejala (OTG) dari hasil screnning massal kota Samarinda yang ternyata hasilnya negatif,” ujar Andi Muhammad Ishak dalam teleconference melalui Zoom alikasi 15 Juni 2020.

Point of View:  DPRD Samarinda: Siapa Yang Mengambil Keuntungan dalam Proyek Krisis Kemanusiaan Covid-19 Ini?

Andi Muhammad Ishak juga menyatakan, ada penambahan kasus yang dilakukan pemeriksaan laboratorium sebanyak 5 kasus, yaitu Kutai Kartanegara 1 kasus, Paser 2 kasus, Balikpapan 1 kasus, dan Samarinda 1 kasus.

Untuk penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 masih terjadi di Kaltim, yaitu sebanyak 4 kasus. Satu kasus berasal dari Kutai Kartanegara, yaitu KKR 63 (Laki-laki 40 tahun) merupakan kasus OTG pelaku perjalanan dari Banjarmasin yang akan kembali bekerja di Kutai Kartanegara dan melakukan pemerikasaan Covid 19 di Balikpapan. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

Point of View:  Pemkot Samarinda Serahkan Bantuan Sosial Alat Produksi IKM Untuk Bangkitkan Ekonomi Warga

Dari Paser 2 kasus, yaitu PSR 19 (Laki-laki 35 tahun) dan PSR 20 (Laki-laki 47 tahun) merupakan kasus OTG yang akan mutase tugas bekerja ke perusahaan di Kuta Kartanegara dan melakukan pemeriksaan Covid-19 di Balikpapan. Kasus dirawat di RS pertamina Balikpapan

Dari Balikpapan 1 kasus, yaitu BPN 100 (Laki-laki 45 tahun) merupakan kasus OTG (karyawan swasta) yang akan kembali bekerja di Balikpapan. kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

“Per 15 Juni 2020 total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 382 kasus,” ujar Andi Muhammad Ishak.

Penambahan kasus terkonfirmasi sembuh sebanyak 1 kasus dari Samarinda, yaitu SMD 40 (Wanita 30 tahun) merupakan kasus dari kluster Loa Janan yang dirawat di Wisma Atlet Kukar sejak 8 Mei 2020. Sehingga total sembuh Covid-19 Kaltim per 15 Juni 2020 mencapai 262 kasus.

Point of View:  Update Covid-19 Kaltim, OTG Warga Inggris Terkonfirmasi Positif di Balikpapan

“Kasus sembuh dari Samarinda 1 kasus, dengan kode SMD 40, wanita 30 tahun merupakan kasus dari Klaster Loa Janan yang dirawat di Wisma Atlet Kukar sejak 8 Mei 2020. Kasus tersebut dinyatakan sembuh karena dari hasil laboratorium Rujukan Covid-19 dinyatakan 2 kali dengan hasil negative serta hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala.” ujar Andi Muhammad Ishak. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Send us an email to kliksamarinda.com