Clicky

Progres Jalan Tol Balikpapan-Samarinda 100%

KLIKSAMARINDA – Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,55 kilometer merupakan konektivitas bebas hambatan yang pertama di Pulau Kalimantan. Menurut laporan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Jumat, 23 Juli 2021, saat ini progres keseluruhan konstruksi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan seksi 5 sudah mencapai tahap akhir penyelesaian.

“Untuk kedua seksi ini (Seksi 1 dan 5) yang merupakan porsi oleh Pemerintah melalui Kementerian PUPR dengan progres sudah mencapai sebesar 100% dan siap untuk dioperasikan,” demikian laporan BPJT menyebutkan.

Jalan Tol ini merupakan konektivitas pendukung ibu kota Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda dengan berbagai pusat bisnis lainnya seperti di Balikpapan, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara dan Bontang. Jalan tol ini dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp11,89 triliun.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda ini memiliki peran penting dalam memangkas waktu tempuh perjalanan yang lebih cepat, yakni biasanya memakan waktu 3 sampai 4 jam lamanya, namun saat ini hanya 1,5 sampai 2 jam saja.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terdiri atas 5 seksi.
1. Seksi 1 ruas Balikpapan – Samboja (22,03 Km).
2. Seksi 5 ruas Balikpapan – Sepinggan (11,09 Km) adalah Porsi Pemerintah.
3. Seksi II ruas Samboja – Muara Jawa (30,98 Km)
4. Seksi III ruas Muara Jawa – Palaran (17,50 Km).
5. Seksi IV ruas Palaran – Samarinda (17,95 Km)

Porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Jasa Marga Balikpapan-Samarinda yang sudah beroperasi sejak Desember 2019 lalu. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com