Clicky

Polisi Samarinda Akan Usut Tambang di Dekat UINSI

Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Arif Budiman

KLIKSAMARINDA – Adanya dugaan aktivitas pertambangan batubara yang diduga ilegal di dekat kampus UINSI Samarnda menarik perhatian pihak kepolisian. Dalam waktu dekat, pihak kepolisian akan segera melakukan pengecekan ke lokasi pertambangan tersebut.

Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Arif Budiman mengatakan pihaknya akan segera menindak para pelaku penambangan ilegal di kota Samarinda.

“Kami akan segera menurunkan tim untuk memburu para pelaku kegiatan ilegal mining di kota Samarinda, dan mengusut adanya laporan tambang ilegal yang berdiri di wilayah kota Samarinda,” ujar Kombes Pol Arif Budiman ketika ditemui dalam kegiatan peninjauan lokasi pemberian vaksin untuk mahasiswa dalam serbuan Merdeka vaksin di Auditorium Aula 22 Zulhijah kampus UINSI Samarinda, Selasa 21 September 2021.

Kombes Pol Arif Budiman menambahkan, pihaknya akan bertindak tegas kepada pihak-pihak yang melakukan illegal mining di wilayah hukum Polresta Samarinda.

Jika terbukti, para pelaku akan dijerat dengan Pasal 158 Undang Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan Undang Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

“Laporan dari masyarakat ini akan kita tindak lanjuti. Kami akan bertindak tegas terhadap para pelaku tambang liar. Terbukti pada dua bulan lalu kami mengamankan 2 orang pelaku penambang ilegal di wilayah kuburan covid19 Serayu,” ujar Kombes Pol Arif Budiman.

Dari penelusuran media ini, tampak di lokasi ada beberapa tumpukan batubara yang belum sempat dipindahkan. Tampak pula beberapa lubang bekas galian batubara. Namun, tidak ditemukan alat berat eksavator atau traktor. (Jie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status