NewsProvinsi Kaltim

Pj Gubernur Kaltim Ajak Investor Kalimantan Garap IKN

KLIKSAMARINDAPresiden Joko Widodo bertemu anggota Kompas100 CEO Forum di lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN) Sepaku, Kalimantan Timur, pada Kamis 2 November 2023. Pertemuan digelar setelah Presiden meninjau Persemaian Mentawir, Sumbu Kebangsaan KIPP IKN, dan groundbreaking Kantor Bank Indonesia di IKN.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan itu, Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Pj Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun.

Dalam arahan kepada para CEO, Presiden Jokowi menekankan prioritas pembangunan IKN adalah mengundang investor dalam negeri terlebih dahulu sebelum investor asing. Meski banyak minat investor luar negeri, Presiden meminta ini di-rem dahulu.

“Diprioritaskan dari dalam negeri terlebih dahulu, investor luar negeri banyak yang berminat namun kita rem dulu. Sudah ada sekitar 320 letter of intent (LoI), namun kita berikan terlebih dahulu kepada investor-investor dalam negeri,” tegas Presiden seperti dikutip Pj Gubernur Akmal Malik.

Menanggapi arahan itu, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menyebut Presiden masih memberi peluang besar bagi investor Indonesia menggarap IKN. Ia berharap investor lokal segera memanfaatkan momentum ini.

“Bagi kita sekali lagi, bagi para investor di Kalimantan, ayo dong rame-rame kita investasi di IKN, orang dari luar Kalimantan saja luar biasa hadir, masa kita di Kalimantan tidak mau berinvestasi,” imbaunya.

Akmal menambahkan para CEO yang hadir terlihat antusias dan memberi respon positif atas ajakan Presiden Jokowi. Ia pun berharap pengusaha Kalimantan juga memberi respons serupa guna memajukan IKN.

“Kita berharap dari Kalimantan juga memberikan respon positif sebagaimana respon dari 100 CEO yang dihadirkan oleh Kompas TV dan PLN,” ujarnya. (Adv/DiskominfoKaltim)

Back to top button
DMCA.com Protection Status