Petugas Pelabuhan Samarinda Akui Bongkar Muat Sapi Gunakan Crane

KLIKSAMARINDA – Petugas bongkar muat hewan ternak sapi di Pelabuhan Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), mengakui penggunaan crane untuk pemindahan sapi dari kapal ke atas truk.

Menurut Penanggung jawab bongkar muat sapi di Pelabuhan Samarinda, Asikin, pemindahan sapi dari kapal pengangkut ke dalam truk dengan cara diikat dilakukan hanya untuk sapi sapi yang ada di dalam palka.

Asikin menerangkan, cara pemindahan sapi itu dilakukan agar sapi segera keluar untuk menghindari kematian. Sementara penggunaan tali diikatkan pada tanduk sapi. Tujuannya untuk menghindari terjadinya kematian pada sapi yang diangkat.

“Pake crane itu mempercepat waktu dan juga istilahnya sapi sudah panas. Jadi digunakan crane supaya cepat menaikkan sapi. Sehingga cepat naik cepat makannya. Maksud kita begitu, Pak. Insyaallah, Pak kalau masalah lecet tidak ada karena kita mulai Pak sejak tahun 2008 sampai sekarang tetap begitu. Kita lakukan cara itu,” ujar Asikin, Jumat 17 Juni 2022.

Dalam penelusuran pada Jumat sore, 17 Juni 2022, di Pelabuhan Samarinda tak terlihat pemindahan sapi dengan crane.

Meski begitu, ada proses bongkar muat sapi asal Kupang, Nusa Tenggara Timur. Bongkar muat sapi menggunakan pemindahan satu per satu sapi ke dalam truk menggunakan jembatan.

Sebelumnya, beredar di media sosial sebuah video amatir proses pemindahan sapi dari atas kapal pengangkut ke sebuah truk di dermaga Pelabuhan Samarinda.

Dalam video berdurasi 27 detik tersebut, tampak sapi yang diturunkan untuk kebutuhan hewan kurban saat Hari Raya Iduladha 9 Juli 2022 mendatang.

Video itu kemudian diketahui direkam pada Selasa 14 Juni 2022 lalu. Dalam video itu ada suara perekam video. “Coba lihat sapinya diangkat nah, astaghfirullah, ngeri,” ujar perekam video. (Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com