Perhotelan di Samarinda Harus Tetap Jaga Protokol Kesehatan | KLIKSAMARINDA
News

Perhotelan di Samarinda Harus Tetap Jaga Protokol Kesehatan

KLIKSAMARINDA – Bisnis perhotelan di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) telah menunjukkan geliat aktivitas. Acara-acara pernikahan di masa adaptasi kebiasaan baru mulai bermunculan terutama sejak Pemerintah menerapkan new normal atau adaptasi kebiasaan baru.

Meski mendengar kabar baik dari dunia perhotelan tersebut, Wakil Walikota Samarinda, Muhammad Barkati tetap mengingatkan soal pedoman atau panduan protokol kesehatan di kamar hotel dan restoran.

“Manajemen hotel dan restoran wajib menerapkan protokol kesehatan, mulai dari pengecekan suhu tubuh, menyediakan fasilitas cuci tangan, hand sanitizer, mengatur jarak aman, serta pembatasan tamu undangan,” ucap Muhammad Barkati saat menghadiri Talk Show Hotelier Talk Part II di Swisbell Hotel Borneo, Jalan Mulawarman, Samarinda, Rabu 12 Agustus 2020.

Anjuran Wakil Wali Kota Samarinda ini meneruskan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020, yaitu tentang penerapan protokol kesehatan di hotel/ penginapan/ homestay/ asrama dan sejenisnya. Peran pelaku usaha sangat dibutuhkan dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Pelaku usaha perlu update informasi Covid-19. Memastikan pekerja paham pencegahan Covid-19. Memasang media infokes. Sedia hand sanitizer, jaga kualitas udara dan sinar matahari, serta bersihkan dan disinfeksi berkala semua ruangan. Melarang karyawan masuk jika sakit dan meminta mereka untuk mengisi assessment risiko Covid-19 sebelum masuk dan diperiksa suhunya.

Pemakaian masker, partisi, faceshield, dan metode pembayaran non tunai diberlakukan. Prinsip jaga jarak dengan atur lay out ruangan, membagi sesi acara, sistem antrian dll. Di ruang makan tidak pakai alat makan bersama/ alat makan kemasan.

Point of View:  Fase Relaksasi Tahap Kedua ASN dan Non ASN Pemkot Samarinda Kembali Work From Office

Semua pekerja yang berhubungan dengan makanan memakai penutup kepala, sarung tangan, celemek, dan masker dan jaga kebersihannya. Tidak menerapkan sistem prasmanan, jika iya, pelayan pakai APD, partisi pada stall serta jaga jarak dalam antrian, dan kebersihan alat makan.

Opsi lain yaitu action station, set menu, take away, dan individual portion. Di kolam renang, disinfektan dan klorin dipakai dan diinformasikan. Semua tamu sehat sebelum berenang, jaga jarak dan pakai peralatan pribadi, pakai masker sebelum/setelah berenang. Di pusat kebugaran dan mushala diberlakukan sesuai dengan informasi pada media sebelumnya.

Mari tetap laksanakan protokol kesehatan di era Adaptasi Kebiasaan Baru agar tetap sehat dan aman di masa wabah Covid-19. (*)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status