KLIKSAMARINDA | Pemuda Tenggelam Usai Mancing, Diduga di Danau Bekas Galian Tambang
News

Pemuda Tenggelam Usai Mancing, Diduga di Danau Bekas Galian Tambang

KLIKSAMARINDA – Seorang Pemuda bernama Bayu Setiawan (21) tenggelam di lokasi yang diduga adalah lubang bekas galian tambang area konsesi PT. Cahaya Energi Mandiri (PT CEM) di Jalan Kalan Luas, Rimbawan Kelurahan Tanah Merah, Samarinda. Peristiwa terjadi Jumat 21 Februari 2020.

Menurut laporan yang dihimpun Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kaltim, kronologis tenggelamnya Bayu disaksikan oleh dua rekannya Muhammad Lutfi (19) dan Febri Sudarnanto (15). Pada Pukul 14.00 WITA, ketiga pemuda ini tiba di lokasi tambang PT.CEM melakukan kegiatan mancing. Mereka memancing menggunakan perahu.

Pukul 18.25 WITA, waktu menjelang Maghrib, ketiganya memutuskan untuk pulang. Namun niat untuk pulang terhambat karena perahu tersangkut pada sebuah batang pohon. Mereka bertiga memutuskan berenang untuk menuju tepi lubang bekas galian tambang.

Namun sekitar jarak 30 meter dari tepi, Muhammad Lutfi dan Bayu Setiawan mendadak lemas. Febri mencoba menolong keduanya. Sambil berenang, Febri menarik tangan keduanya. Tiba-tiba mendekati jarak 15 meter dari tepi “lubang tambang”, tangan bayu terlepas.

“Tim Jatam Kaltim yang diterjunkan mendapati tidak terlihat adanya papan informasi / pengumuman yang menjelaskan lokasi ini adalah wilayah yang berbahaya untuk dimasuki. Tim Jatam juga tidak melihat pagar pembatas serta tidak ada ada petugas dan pos jaga,” ungkap Dinamisator Jatam Kaltim, Pradarma Rupang. (*)

DMCA.com Protection Status