News

Pemprov Kaltim Dukung Program Digitalisasi Arsip

KLIKSAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) menyambut kedatangan lebih dari 1300 peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kearsipan di Samarinda.

Acara ini menjadi bukti nyata komitmen dalam meningkatkan kualitas kearsipan di seluruh Indonesia, terutama di Kaltim yang menjadi penyangga utama Infrastruktur Kearsipan Nasional (IKN).

Menurut Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, kehadiran peserta Rakornas menandai langkah penting dalam pengembangan kearsipan di Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih atas momentum ini. Ini bukan hanya penting bagi Kaltim, tetapi juga bagi seluruh daerah di Indonesia. Termasuk 34 provinsi, 415 kabupaten, dan 93 kota,” ujarnya pada Rabu 29 Mei 2024.

Akmal Malik juga menyatakan pentingnya peralihan dari pendekatan analog menuju digitalisasi dalam pengelolaan arsip.

“Saat ini, kita telah memulai langkah-langkah menuju digitalisasi arsip dengan bimbingan dari pakar di bidangnya bersama Anri, kami berkomitmen untuk mendorong pendekatan digital ini ke depan,” ucapnya

Sementara itu, Plt Kepala Arsip Nasional RI, Imam Gunarto, menyoroti pentingnya Program Unggulan Kearsipan Nasional dalam membangun pusat data kearsipan sebagai pusat khasanah peradaban secara digital.

“Proses digitalisasi kearsipan telah dimulai dari tingkat pusat hingga daerah,” ungkapnya.

Rakornas yang dilaksanakan mulai Selasa, 28 Mei 2024, menghasilkan 12 rekomendasi penting dalam upaya memperkuat kearsipan nasional ke depannya.

Salah satu fokus utama adalah memperkuat upaya antisipasi terhadap tantangan yang akan dihadapi. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status