NewsPemkot Samarinda

Pemkot Samarinda Rapat Evaluasi Penanggulangan Banjir Respon Temuan BPK RI

KLIKSAMARINDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menggelar rapat evaluasi terkait penanggulangan banjir. Rapat ini merupakan respon atas temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalimantan Timur terhadap kinerja Pemkot Samarinda pada tahun 2023.

Rapat evaluasi digelar di Kantor Inspektorat Kota Samarinda pada Rabu 24 Januari 2024. Turut hadir Asisten III Pemkot Samarinda Ali Fitri Noor, Kepala Inspektorat Daerah Mas Andi Suprianto, serta kepala dinas dan instansi terkait.

Asisten III Ali Fitri Noor menyatakan rapat ini bertujuan menyelidiki fakta penanggulangan banjir di Samarinda. Mulai dari penyebab, upaya pencegahan, hingga dampak sosial akibat bencana banjir.

“Temuan BPK RI menyoroti beberapa aspek, termasuk dasar hukum, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan laporan kinerja penanggulangan banjir,” ucap Ali Fitri Noor ditemui usai rapat.

Menanggapi temuan itu, Pemkot Samarinda telah menindaklanjuti sejumlah rekomendasi dari BPK RI. Proyek penanggulangan banjir melibatkan empat dinas, yaitu Dinas PUPR, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Lingkungan Hidup, dan Bagian Hukum Setda Samarinda.

“Alhamdulillah sudah ditindaklanjuti. Waktunya ada yang sampai Desember, kami perintahkan seperti tata ruang paling lambat pertengahan Februari karena hanya menyangkut dokumen,” kata Ali Fitri.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Mas Andi Suprianto menjelaskan audit BPK RI berfokus pada kinerja tanpa menyentuh anggaran. Audit keuangan dijadwalkan Februari 2024.

BPK RI ingin melihat implementasi penanggulangan banjir secara menyeluruh, termasuk dasar hukum, perencanaan, dan pelaksanaannya. Audit ini juga menyoroti penyebab banjir serta upaya adaptasi Pemkot.

Meski masih ada genangan, upaya Pemkot di bawah kepemimpinan Wali Kota Andi Harun dinilai telah berhasil mengurangi dampak banjir. Pemkot terus berupaya menyempurnakan sistem penanggulangan banjir guna melindungi warga.

Mas Andi Suprianto berterima kasih atas masukan BPK RI yang dipandang sangat konstruktif. Inspektorat siap membantu menindaklanjuti rekomendasi BPK RI untuk meningkatkan kualitas penanggulangan banjir di Kota Samarinda ke depannya.

“Kami akan membantu mereka apabila ada audit selanjutnya. Kami juga berterima kasih kepada BPK RI yang telah memberikan masukan dan saran yang konstruktif untuk kinerja proyek penanggulangan banjir di Samarinda,” ujar Mas Andi Supriyanto. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status