Clicky

Pangan Murah Pesan Antar di Samarinda Terbagi 3 Zona

KLIKSAMARINDAPemkot Samarinda kembali mengadakan Gelar Pangan Murah (GPM). Kali ini, GPM pada 2020 menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19. Gerakan Pangan Murah akan mulai dilaksanakan pada tanggal 21 April dan berakhir pada 20 Mei 2020 jelang Hari Raya Idul Fitri.

Dalam Rakor GPM secara video conference, Senin 20 April 2020, yang dipimpin Asisten II Setda Samarinda Nina Endang Rahayu diungkapkan bahwa GPM untuk tahun ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya Dinas Ketahanan Pangan menggelar Pasar Murah, tahun ini dilaksanakan dengan sistem pesan antar.

Hal ini dilatarbelakangi kebijakan Pemerintah tentang social distancing dan physical distancing. Hal ini pula yang melatarbelakangi DKP membuat tema GPM tahun 2020 dengan slogan “Lawan Covid-19 Dengan Anda Di Rumah Aja, Urusan Pangan Biar Kami Yang Tangani”.

GPM tahun ini akan dibagi dalam 3 Zona Wilayah. Zona I Samarinda Kota dan sekitarnya, Zona II Sambutan, Palaran, Sungai Kunjang dan sekitarnya, Zona III akan berada di Dinas Ketahanan Pangan dan sekitarnya.

Melalui mekanisme Zona I dan II akan menggelar GPM dengan sistem pesan antar dari masyarakat melalui RT. Pesanan tersebut lalu akan dilaporkan ke Dinas Ketahanan Pangan dan akan didistribusikan dalam 3 hari sekali.

Untuk Zona III yang berada di Dinas Ketahanan Pangan dan sekitarnya bisa langsung datang memilih barang kebutuhan pokok melalui sistem Pickup and Delivery (Drive Thru).

“Kami berharap, GPM tahun ini bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang dengan tetap mengedepankan pembatasan social distancing dan physical distancing yang ditetapkan oleh Pemerintah,” ujar Nina. (*)

DMCA.com Protection Status