Clicky

Jumat, 22 Januari 2021

Maklumat Kapolri Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

KLIKSAMARINDA – Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan maklumat terkait penanganan pandemi virus corona (Covid-19). Maklumat keempat yang dikeluarkan Idham pada 2020 ini berisi ancaman penindakan terhadap kerumunan pada masa libur akhir tahun.

Maklumat Nomor: Mak/4/XII/2020 tertanggal 23 Desember 2020 tersebut menyampaikan agar ada kepatuhan protokol kesehatan dalam pelaksanaan libur Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Tujuannya agar mencegah terjadinya penyebaran virus corona,” ujar Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Argo Yuwono, melalui keterangan pada Rabu 23 Desember 2020.

Point of View:  Kasus Impor Jadi Perhatian Khusus Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim

Dalam Maklumat itu, setidaknya ada empat poin yang ditegaskan oleh Idham.

Pertama, Idham meminta agar masyarakat tak menyelenggarakan kegiatan atau pertemuan yang mengundang kerumunan orang banyak di tempat umum. Pasalnya, penyebaran virus corona dalam skala nasional masih belum sepenuhnya terkendali. Selain itu, masih ada potensi penyebaran virus di tengah masyarakat.

Kegiatan-kegiatan yang dilarang digelar selama libur Natal dan Tahun Baru antara lain, perayaan Natal dan kegiatan keagamaan di luar tempat ibadah, pesta atau perayaan malam pergantian tahun, arak-arakan, pawai hingga karnaval dan pesta penyalaan kembang api.

Point of View:  Begini Kasus Peredaran Ganja Yang Melibatkan Mahasiswa di Samarinda Kaltim Terungkap

Jenderal polisi bintang empat itu mengatakan pihak kepolisian akan menindak tegas apabila terdapat pelanggaran dalam aturan yang termaktub dalam maklumat tersebut.

“Bahwa apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” tulis maklumat tersebut.

Sebagai informasi, pemerintah telah memangkas libur akhir tahun 2020 sebanyak tiga hari. Awalnya cuti bersama yang berbarengan dengan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 berjumlah 11 hari.

Point of View:  Satu Warga Kaltim Positif Covid-19

Namun demikian, libur akhir tahun tetap menyisakan 8 hari, yakni libur Natal sebanyak 4 hari dan libur tahun baru sebanyak 4 hari.

Keputusan pemangkasan jatah libur dan cuti bersama akhir tahun ini diputuskan dalam rapat bersama Menko PMK dengan Kemenaker, Kemenpan RB, dan Kemenag. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Send us an email to kliksamarinda.com