Clicky

Pemkab Kutai Kartanegara

Kecamatan Tenggarong Kukar Lakukan Normalisasi Parit, Targetkan Swasembada Pangan

KLIKSAMARINDAPemerintah Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), menjalankan proyek normalisasi parit di lahan pertanian guna meningkatkan produksi pangan lokal. Parit irigasi dibenahi agar aliran air lancar ke sawah dan ladang warga.

Camat Tenggarong Sukono menjelaskan, normalisasi parit bertujuan memastikan lahan pertanian di Tenggarong dapat mendapatkan pasokan air dengan baik. Sehingga, produktivitas pertanian dapat meningkat dan mampu mewujudkan swasembada pangan.

“Kami lakukan normalisasi parit agar lahan pertanian warga di Kecamatan Tenggarong ini bisa teraliri air dengan lancar dan panennya maksimal,” ujar Sukono, Rabu 1 November 2023.

Sukono menyebutkan, proyek senilai Rp200 juta per desa ini dilakukan di sejumlah wilayah, seperti Kelurahan Maluhu, Bukit Biru, Jahab, Rapak Lambur, Bendang Raya, dan Loa Ipuh Darat. Selain itu, pihaknya juga memperbaiki infrastruktur jalan serta fasilitas sosial keagamaan.

“Kami perbaiki jalan, gang, mushola dan langgar di sejumlah desa guna tingkatkan kesejahteraan warga,” imbuh Sukono.

Sukono berharap dengan pembangunan infrastruktur pertanian dan pedesaan ini, produktivitas masyarakat Kecamatan Tenggarong diharapkan makin meningkat. Ketersediaan pangan lokal pun akan semakin surplus.

Oleh sebab itu, Sukono mengajak masyarakat agar berpartisipasi aktif dan menjaga hasil pembangunan demi kepentingan bersama. Dukungan semua pihak dinilai kunci keberhasilan program prioritas ini.

Upaya Pemerintah Kecamatan Tenggarong dalam menggenjot produktivitas pertanian dan ketahanan pangan melibatkan seluruh elemen masyarakat agar program-program strategis dapat berjalan optimal dan berkelanjutan.

“Kami harap warga turut terlibat dan menjaga hasil pembangunan untuk kesejahteraan bersama sehingga bisa merasakan manfaatnya,” pungkas Sukono.

Dengan semangat gotong royong serta dukungan pemangku kepentingan, Kecamatan Tenggarong optimistis mampu mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan. Sehingga, kesejahteraan petani sebagai tulang punggung pembangunan pertanian dapat terus ditingkatkan. (Adv/DikominfoKukar)

Back to top button
DMCA.com Protection Status