Clicky

Kawasan di Berau Kaltim Terendam Banjir

KLIKSAMARINDA – Sejumlah wilayah di Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, tergenang banjir, Sabtu, 15 Mei 2021. Antara lain, Kampung Tumbit Dayak, Long Lanuk, dan Kampung Tumbit Melayu.

Kapolsek Sambaliung, AKP Budi Witikno, langsung melakukan peninjauan di lokasi banjir. Melalui keterangan tertulis, AKP Budi Witikno menuturkan, ketinggian air mulai dari 1 meter hingga 2 meter.

Dampaknya, puluhan rumah warga terendam banjir. Di Kampung Long Lanuk, misalnya, sekitar 40 rumah terendam. Di Kampung Tumbit Dayak, mencapai 30 rumah terendam.

“Ini karena curah hujan yang cukup tinggi di daerah hulu Sungai Kelay meluap sehingga merendam yang berada di sekitarnya,” ujar AKP Budi Witikno.

Selain meninjau, aparat juga memberikan bantuan berupa sembako untuk membantu warga yang rumahnya terdampak banjir. Mengenai langkah selanjutnya terkait penanganan banjir, AKP Budi Witikno menuturkan masih melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

“Kita lakukan berbagai upaya untuk menangani banjir ini. Semoga lekas surut,” ujar AKP Budi Witikno.

Mengantisipasi terjadinya korsleting listrik akibat banjir, aliran listrik ke rumah warga yang terkena banjiri juga dipadamkan.

Kepala Kampung Tumbit Dayak, Ahmad Efendi, mengatakan banjir telah terjadi sejak hari pertama Lebaran, Kamis 13 Mei 2021. Namun, ketinggian air belum terlalu tinggi seperti sekarang ini. Bahkan, banyak perkebunan milik warga tenggelam.

“Naiknya mulai kemarin sampai hari ini. Kelihatan sudah bertahan banjirnya. Semoga tidak ada kiriman lagi,” ujar Ahmad Efendi.

Ahmad Efendi mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Sambaliung dan personelnya yang sudah turut membantu warganya.

“Saya atas nama Pemerintah Kampung Tumbit Dayak mengucapkan terimakasih telah membawa bantuan untuk masyarakat kami yang sudah terendam rumahnya,” ujar Ahmad Efendi. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status