Isi Kuliah Umum di UINSI Samarinda, Wali Kota Andi Harun Sampaikan 3 Parameter Pembangunan

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat menyampaikan kuliah umum di kampus UINSI Samarinda, Selasa 10 Mei 2022. (Foto: KlikPia)

KLIKSAMARINDAWali Kota Samarinda, Andi Harun, memberikan kuliah umum di kampus UIN Sultan Aji Muhammad Idris atau UINSI Samarinda, Selasa 10 Mei 2022. Kuliah umum tersebut sekaligus halal bihalal yang dihadiri civitas akademika UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.

Kuliah umum dan halal bihalal ini mengangkat tema “Strategi Pembangunan Kota Samarinda menuju Kota Pusat Peradaban”. Wali Kota Andi Harun membeberkan konsep pembangunan Samarinda menuju Kota Pusat Peradaban.

Menurut Wali Kota Andi Harun, ada tiga parameter utama dalam membangun Kota Samarinda. Ketiga parameter itu di antaranya, Desain, The City, dan Diversity.

“Salah satu ciri dari kota pusat peradaban adalah desain tata ruang wilayahnya yang berwawasan untuk puluhan tahun ke depan,” ujar Wali Kota Andi Harun tandas.

Dalam uraiannya, Wali Kota Andi Harun menyebutkan, akan ada perencaan tata ruang di Kota Samarinda. Karena itu, Pemkot Samarinda telah mencanangkan rencana detail tata ruang per-kecamatan.

Wali Kota Andi Harun juga mengatakan, rencana strategis pembangunan kota yang berkesinambungan dengan memperhatikan aspek sosial dan ekonomi masyarakat. Rencana strategis itu tidak melepaskan diri dari adaptasi teknologi yang semakin berkembang.

“Kemudian adalah keragaman atau Diversity. Kota ini harus dibangun dengan mempertimbangkan kemanfaatan bagi semua golongan, baik agama, suku bangsa dan lainnya. Maka tentu kita akan dapat mewujudkan Samarinda sebagai kota pusat peradaban,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Selain ketiga parameter itu, Wali Kota Andi Harun juga memaparkan rencana jangka pendek sosialisasi arah pembangunan Kota Samarinda di auditorium kampus II UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Pemkot Samarinda akan dikumpulkan seluruh ketua RT di Samarinda dalam sosialisasi program unggulan, yaitu Pro Bebaya.

“Dengan jumlah sekitar 1.993 RT se-Samarinda, maka auditorium kampus II UINSI Samarinda dinilai memungkinkan untuk mengumpulkan semua ketua RT. Yang juga menjadi tanda dimulainya program Pro Bebaya di seluruh RT di kota Samarinda tersebut,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Rencananya sosialisasi Pro Bebaya kepada seluruh ketua RT di Samarinda itu akan disampaikan langsung oleh Wali Kota pada Mei 2022 ini.

Sementara itu, Rektor UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Muhammad Ilyasin menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi program pemerintah di kampus yang dipimpinnya itu juga akan berdampak positif bagi Kampus sendiri.

“Dalam waktu dekat, ruangan ini (Auditorium UINSI Samarinda) akan menjadi saksi sejarah sosialisasi program-program walikota untuk menghadirkan seluruh RT di kota Samarinda,” ujar Muhammad Ilyasin. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com