Clicky

Investasi Kaltim di Atas 100 Persen Selama 2020

Foto - Humas

KLIKSAMARINDA – Ekonomi di Kalimantan Timur selama masa pandemi Covid-19 menunjukkan optimisme. Optimisme tersebut dapat terlihat dari angka investasi di atas 100 persen.

Dalam webinar Dedicated Team Meeting (DTM) RIRU Kaltim Triwulan I 2021 secara daring, Selasa 30 Maret 2021, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim selaku Ketua Harian Regional Investor Relation Unit Kalimantan Timur (RIRU Kaltim) diwakili Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Kaltim, Abu Helmi menyampaikan fakta tersebut.

Menurut Abu Helmi, sepanjang 2020, realisasi investasi baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) di Kaltim sukses menembus angka Rp31,38 triliun atau 147,31 persen. Jauh di atas target investasi Kaltim 2020, yakni sebesar Rp21,3 triliun.

Kondisi tersebut mempertegas jika Kaltim memiliki resistensi terhadap penurunan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

“Jadi, walaupun sepanjang tahun kemarin menghadapi pandemi, investasi kita masih berada di atas 100 persen. Melalui forum ini, bersama stakeholder terkait bisa dijadikan sebagai sarana berdiskusi, sharing pendapat perihal kinerja investasi Kaltim dan strategi pengembangannya ke depan. Terutama dalam upaya memenuhi target investasi sebesar Rp34,73 triliun di Kaltim untuk tahun 2021 ini,” ujar Abu Helmi seperti dirilis Humas Pemprov Kaltim.

Abu Helmi menambahkan, ekonomi Kaltim ke depan akan terus membaik seiring semakin disiplinnya masyarakat menerapkan protokol kesehatan serta solidnya kerja sama antar pemangku kepentingan di Kaltim untuk menanggulangi penyebaran Covid-19.

Demikian juga, inflasi diharapkan tetap terkendali agar tidak menggerus daya beli masyarakat, namun juga tetap menguntungkan para produsen (petani, peternak, nelayan, dan para pelaku usaha lainnya).

“Kita sudah memiliki pengalaman, potensi sumber daya dan sinergi yang kuat akan mampu melewati masa-masa yang sulit,” jelasnya.

DTM RIRU Kaltim Triwulan I 2021 yang digagas Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kaltim ini mengangkat tema “Investasi untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi: Peluang dan Tantangan”.

DTM RIRU Kaltim Triwulan I 2021 ini menghadirkan pembicara dari RIRU Jawa Tengah dan Jawa Barat yang dianggap berhasil merealisasikan proyek promosi investasi, tercermin dari tingginya realisasi investasi masing-masing provinsi di 2020. (*)

DMCA.com Protection Status