News

Gabungan Mahasiswa Kaltim Demo Kantor Pelindo

KLIKSAMARINDA – Gabungan Mahasiswa Peduli Pembangungan Kaltim (GMPPKT) menggelar aksi unjuk rasa di di Kantor Pelindo IV, Jalan Niaga Timur, Samarinda. Aksi unjuk rasa ini berlangsung Selasa, 24 Mei 2022 dengan pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Aksi unjuk rasa GMPPKT ini dipimpin koordinator lapangan Abidin. Dalam orasinya, Abidin menyatakan Pelindo perlu memberikan klarifikasi dan bertanggung jawab atas sejumlah insiden penabrakan jembatan di Sungai Mahakam oleh tongkang pengangkut batubara.

Dalam catatan GMPPKT, setidaknya pada 2022 telah terjadi 2 kali insiden penabrakan jembatan di Sungai Mahakam oleh tongkang. Antara lain terjadi di Jembatan Mahakam Samarinda pada 28 Maret 2022 maupun penabrakan Jembatan Martadipura Kutai kartanegara 8 April 2022.

Insiden tersebut, menurut Abidin, membuat warga Kaltim resah. Terutama para pengguna jembatan.

Karena itu, GMPPKT meminta kepada pihak Pelindo untuk bertanggung jawab terhadap insiden penabrakan Jembatan Mahakam Samarinda dan Jembatan Martadipura.

“Kami meminta kepada pelindo untuk transparansi ganti rugi dalam setiap insiden yang terjadi di perairan Sungai Mahakam. Berkaca atas adanya permasalahan tersebut, kami dari Gabungan Mahasiswa Peduli Pembangunan Kalimantan Timur (GMPPKT) menduga adanya tindakan-tindakan yang dapat merugikan Negara,” ujar Abidin.

GMPPKT juga menilai, dari sejumlah insiden tersebut, pihak Pelindo diduga tidak menyediakan tenaga pandu di setiap kali melakukan kegiatan. Selain itu, GMPPKT meminta Pelindo melakukan reformasi internal karena diduga akibat kelalaian Pelindo sering terjadi insiden penabrakan.

Para pendemo di Kantor Pelindo IV tersebut diterima langsung oleh Asisten Bagian Umum PT. Pelindo IV, Eko Raharjo. Menurut Eko Raharjo, pihaknya menerima aspirasi para pengunjuk rasa.

“Kami menerima surat press release dari GMPPKT dan meminta waktu 2 minggu untuk mempelajari aspirasi dari mahasiswa,” ujar Eko Raharjo.

Aksi unjuk rasa tersebut berlangsung tertib. Aparat kepolisian turut membantu pengamanan kegiatan aksi damai tersebut.

Antara lain dari jajaran Polresta Samarinda dipimpin Ipda Husri T (Panit Turjawali Sat Samapta Polresta Samarinda), Kapolsek KP Samarinda, Kompol Subari, dan Wakapolsek Samarinda Kota, AKP A Baihaki. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status