Clicky

Disdikbud Kaltim Pilih Duta Jalur Rempah

KLIKSAMARINDA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim menginisiasii pengenalan ragam budaya Indonesia baik cagar budaya maupun Warisan budaya tak benda dan kearifan lokal di daerah lintasan jalur rempah. Kegiatan ini dalam rangka mendukung pengusulan Jalur Rempah menuju warisan Dunia.

Menurut Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Provinsi Kaltim Yekti mengatakan muhibah budaya jalur rempah diantaranya bertujuan memperkenalkan ragam budaya Indonesia baik cagar budaya maupun Warisan budaya tak benda dan kearifan lokal di daerah lintasan jalur rempah. Inisiasi ini melalui seleksi duta jalur rempah yang akan berlangung 11-15 Juni 2021.

Seleksi Muhibah Budaya Jalur Rempah tingkat Provinsi Kaltim berlangsung di Ruang Kersik Luway Lantai 4 Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim.

Seleksi diikuti 28 peserta dari 6 kabupaten kota, yaitu Bontang 4 orang, Kutai Kartanegera 5 orang, Kutai Timur 7 orang, Kutai Barat 2 orang, Balikpapan 1 orang, paser 1 orang dan Samarinda 8 orang.

“Nantinya akan terpilih 5 orang peserta murni dan 2 cadangan, dan akan bergabung dengan 34 provinsi se-Indonesia untuk berkolaborasi,” ujar Yekti.

Ada tiga juri yang akan menilai kemampuan peserta. Para juri itu antara lain Siswandi dari Dewan Kesenian Daerah Kaltim (untuk wawasan kebudayaan), Dr. Sukapti dari Unmul (untuk wawasan kebangsaan), dan Kolonel Laut (Purn.) Nur Murahram untuk sejarah dan kebaharian.

Yekti mengatakan, dalam seleksi ini, peserta diperkenalkan jalur rempah, aspek kebudayaan, wawasan kebangsaan, ketahanan mental, dan kepribadian.

“Harapan kegiatan ini terpilih duta jalur rempah yang mempunyai daya juang, mental pemberani, berwawasan kebangsaan, mempunyai fisik yang baik. Nantinya akan berlayar selama 20 hari di lautan,” ujar Yekti, Rabu 16 Juni 2021.

Yekti menambahkan, keterampilan yang wajib dimiliki peserta yaitu bisa berenang, aktif bermedia sosial, tali temali, dan pernah mengikuti kegiatan di luar ruang. (*)

DMCA.com Protection Status