News

Dihadiri Wakil Ketua Komisi X DPR RI, DPD GIPI Kaltim Gelar Bimtek Penguatan Kuliner Tradisional

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pelaku kuliner tradisional.

BERLANGSUNG di Ruang Mancong, Hotel Mesra –Kota Samarinda– Senin 1 Juli 2024, acara ini juga dihadiri Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Hetifah Sjaifudian, dan Ketua Tim Pemasaran Musik, Fesyen, dan Permainan Feryandi.

Selain itu, hadir pula Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim Dahlia, serta Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD GIPI Kaltim Joko Purwanto.

Ada dua narasumber yang diadirkan dalam bimtek ini. Pertama adalah Sekretaris DPD GIPI Kaltim sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) Kaltim Fitriyana Zoelkifli. Kedua adalah Chef Supriyadi Hadisuwarno, Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Indonesian Chef Association (ICA) Kaltim.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD GIPI Kaltim Joko Purwanto mengatakan, DPD GIPI Kaltim sebenarnya merupakan representasi dari seluruh asosiasi pariwisata di Benua Etam. Makanya, keberadaannya harus bersinergi dengan semua pihak. Baik eksekutif, legislatif, dan stakeholder terkait.

“Pariwisata harus menjadi leading sector di Kaltim. Di kabupaten/kota banyak yang punya potensi. Maka pertanyaannya, apa yang harus kita siapkan, terlebih dengan keberadaan IKN (Ibu Kota Negara, Red.),” katanya. “Untuk itu sinergitas GIPI dan pemerintah daerah perlu terus ditingkatkan demi kemajuan pariwisata Kaltim,” sambung Joko Purwanto.

Joko Purwanto menegaskan, sinergitas sangat diperlukan. Terutama dengan pihak eksekutif. Dalam hal ini Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim. “Dispar Kaltim juga harus bersinergi dengan GIPI. Ajak saja kami. Ini semua (DPD GIPI Kaltim, Red.) isinya asosiasi semua,” ucapnya. “Dengan hadirnya GIPI di Kaltim akan membantu meringankan tugas Dinas Pariwisata dalam memajukan pariwisata karena semua stakeholder langsung di bawah naungan GIPI,” timpal Joko Purwanto.

Dia mengingatkan, di tahun ini, ada banyak agenda penting yang terjadi di Kaltim. Salah satunya adalah pelaksanaan peringatan 17 Agustus di IKN. Joko Purwanto bahkan menyebut, semua akomodasi di Agustus nanti telah di-booking khusus untuk tamu undangan di sana. “Ini berkah bagi Kaltim,” tegasnya.

Berkaitan dengan kuliner, Joko Purwanto sangat bersyukur sejumlah kabupaten/kota di Kaltim memiliki ikonnya tersendiri. Di Kota Balikpapan, misalnya, kini dikenal dengan kuliner seafood. “Balikpapan pusat pusat kuliner seafood. Kami berterima kasih ini ada di sana. Dimana seafood-seafood itu semua tinggal dikemas,” sebutnya. (fai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status