News

BPBD Samarinda dan BWS Kalimantan IV Kerja Sama Soal Penanganan Bencana Sungai

KLIKSAMARINDA – Wilayah kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) dipengaruhi oleh sekitar 26 daerah aliran sungai. Termasuk dipengaruhi aliran Sungai Mahakam sebagai sumber utama yang melintasi kota ini.

Selain itu, kota Samarinda memiliki beragam kondisi alam seperti daerah rawan pasang surut, dataran rendah, berbukit, bergelombang, dan daerah sungai yang berpotensi menimbulkan bencana.

Dengan kondisi tersebut, Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Samarinda dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama untuk penanganan bencana di wilayah kota ini.

Diketahui bahwa selama ini, Sungai Mahakam dan anak-anak sungainya menjadi wilayah kerja dari BWS Kalimantan IV. BWS Kalimantan IV selama ini telah melakukan berbagai upaya penanganan pengerukan sungai, penurapan, pemeriksaan, hingga mitigasi banjir di wilayah Samarinda.

“Saya sangat berterimakasih kepada Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Samarinda yang sangat selaras dengan 10 program unggulan Pak Wali Kota Samarinda, terutama program nomor 2 yaitu pengendalian banjir dan sistem drainase modern,” ujar Kepala BPBD Kota Samarinda, Suwarso, usai penandatanganan kerja sama di kantor Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV, Jalan MT. Haryono, Samarinda, Senin 31 Juli 2023.

Suwarso menambahkan, kolaborasi dan sinergi antara berbagai lembaga menjadi kunci dalam menyelesaikan permasalahan bencana alam yang kompleks. Oleh karena itu, pendekatan dari berbagai sisi yang bekerja bersama-sama sangat diperlukan.

“Pengurangan risiko bencana dapat diwujudkan dengan intervensi berbagai pihak yang bekerja secara kolaboratif, terkoordinasi, sinergis, dan stimulan,” ujar Suwarso.

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini menjadi langkah penting dalam membangun sesuai dengan kondisi terkini di Kota Samarinda sebagai pusat peradaban.

Kepala BWS Kalimantan IV Samarinda, Yosiandi Radi Wicaksono, ST, M.Si, M.Sc, menyampaikan apresiasinya atas kerjasama ini,

“Saya sangat mengapresiasi kerjasama ini karena kita dapat lebih sinergis dalam penanggulangan bencana, khususnya di Kota Samarinda.”

Dengan adanya kerjasama antara BPBD Kota Samarinda dan BWS Kalimantan IV Samarinda, diharapkan penanganan bencana di wilayah ini dapat lebih efektif dan terkoordinasi dengan baik, sehingga masyarakat di Kota Samarinda dapat lebih aman dan nyaman menghadapi potensi bencana alam. (*)

Back to top button
DMCA.com Protection Status